Home » Program » Healthy Center » Taburia

Taburia

Anak adalah aset paling berharga yang dimiliki oleh para orang tua. Oleh karena itu, bukan hal yang mengherankan apabila banyak orang tua terkesan berlebihan dalam memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anak anak mereka. Gizi, adalah hal yang juga tidak boleh diabaikan oleh para orang tua, dengan gizi dan nutrisi yang cukup, anak bisa dengan mudah melewati fase fase kehidupan mereka mendatang.

Masalah gizi bukan hanya menjadi masalah yang diperhatikan oleh para orang tua, pemerintah Indonesiapun sangat konsen akan hal ini. Terbukti dengan diluncurkannya produk Taburia oleh pemerintah melalui Kementrian kesehatan di beberapa wilayah di Indonesia.

Dalam special talkshow bersama Trijaya, Dr. Hj. Hemalia Herlina dari Dinkes Propinsi sumsel mencoba mensosialisasikan taburia kepada masyarakt Sumsel.

“Taburia ini merupakan tambahan multivitamin dan multimineral untuk memenuhi kebutuhan gizi dan tumbuh kembang balita umur 6-24 bulan, tujuannya membantu balita tumbuh kembang secara optimal, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan, mencegah anemia dan mencegah kekurangan zat gizi. Karena didalam satu sachet taburia terdapat 12 vitamin dan 4 mineral penting yodium, seng, selenium dan zat besi yang memang dibutuhkan anak.” jelasnya

Taburia ini berupa serbuk dengan volume 1 gr per kemasan, yang ditabur pada makanan padat yang akan dimakan oleh anak.
“Diberikan 2 kali sehari setiap pagi pada makanan berat seperti bubur, roti atau buah. Jangan pada makanan cair atau panas, karena akan menyebabkan taburia ini menggumpal dan kehilangan fungsinya” jelasnya lagi

Makanan yang telah dicampur dengan taburia harus segera dimakan dan dihabiskan. Ada sedikit efek samping selama mengonsumsi taburia kemungkinan terjadi susah buang air besar dan tinja berwarna hitam karena kandungan zat besi, hal ini dapat diatasi dengan minum air putih matang lebih banyak.

Ditanya tentang penyaluran Taburia di Sumsel, Dr. Hemalia mengatakan saat ini sedang dalam tahap pendataan. Mengingat jumlah persediaan Taburia ini tidak banyak, maka diutamakan terlebih dahulu balita balita yang memiliki masalah gizi dan balita balita yang berasal dari keluarga miskin. (dinnaherly)

Satu komentar untuk “Taburia”

  1. YUSTUS KOPEU,Amg

    Taburia sangat penting, dan sangat penting lagi di tampatku Kabupaten Puncak daerah Pegunungan Papua dimana transportasi sangat susah dan hanya dengan pesawat udara. Bagaimana saya dapat memperolehnya/membelinya.

Beri komentar