Home » Program » Healthy Center » Bahaya Kekurangan dan Kelebihan Vitamin A

Bahaya Kekurangan dan Kelebihan Vitamin A


Palembang – Vitamin A diperlukan oleh tubuh secara setiap hari untuk menjaga kulit sehat dan menjaga penglihatan Anda di jalur. Ada banyak orang yang mengatakan bahwa wortel menyediakan cukup vitamin A untuk mencegah Anda mendapatkan kebutaan malam. Faktanya adalah, dokter Mesir kuno diresepkan hati di waktu mereka, yang mereka katakan mengandung cukup vitamin A untuk memerangi kebutaan malam. Vitamin A juga dikenal sebagai antioksidan, yang membuatnya ideal untuk mencegah kanker dan anti penuaan. Seiring dengan manfaat, tetapi juga membantu dengan sistem kekebalan tubuh Anda juga.

Untuk mendapatkan yang tepat penyerapan vitamin A, Anda akan perlu mengkonsumsi lemak. Bagi anda yang berada pada diet rendah lemak atau dibatasi, hanya mungkin tidak mendapatkan jumlah yang tepat dari vitamin A dari suplemen Anda bahwa Anda mungkin berpikir. Untuk mendapatkan yang tepat penyerapan vitamin A dalam diet Anda, Anda harus mengkonsumsi tingkat yang cukup tinggi protein. Protein menggabungkan dengan vitamin A untuk membuatnya lebih kuat, dan membantu bergerak melalui tubuh Anda.

Pada hari biasa, Anda harus mengkonsumsi sekitar 5.000 unit internasional (IU) vitamin A. Tergantung pada kesehatan dan usia Anda, Anda mungkin perlu mengkonsumsi lebih atau kurang. Bentuk yang paling aman vitamin A beta karoten seperti yang disebutkan di atas, dan dapat diambil dalam dosis yang jauh lebih besar. Tidak peduli apa usia Anda mungkin, Anda dapat merasa aman untuk mengkonsumsi jumlah tinggi vitamin A dalam bentuk beta karoten.

Jika Anda tidak mengonsumsi cukup vitamin A dalam diet Anda, Anda akan berakhir dengan kekurangan. Kekurangan tidak pernah merupakan hal yang baik, karena biasanya hasil dalam masalah kulit, peningkatan infeksi, dan bahkan kebutaan malam juga. Berkepanjangan Kekurangan vitamin A dapat menempatkan Anda pada risiko untuk kanker juga, dan Anda juga akan kehilangan efek anti penuaan bahwa vitamin mungkin. Meskipun anda harus mulai mengambil segera jika Anda memiliki kekurangan, dampaknya tidak akan sama karena mereka akan jika Anda tetap up to date dengan jumlah yang tepat setiap hari.

Di sisi lain, jika Anda terlalu banyak vitamin A, Anda akan menempatkan diri pada risiko untuk nyeri di sendi, perut, dan tulang Anda. Meskipun terlalu banyak atau tidak cukup dapat menyebabkan Anda efek samping yang serius, Anda harus selalu mendapatkan jumlah yang tepat dalam diet Anda. Vitamin A sangat penting, dan harus selalu dimasukkan dalam diet Anda. Anda dapat menemukannya di banyak makanan, atau mengambil suplemen yang termasuk vitamin juga diperlukan.

Jika Anda akan mengambil suplemen, Anda harus memastikan bahwa mereka memberikan jumlah yang tepat – tanpa efek samping. Dalam program perbaikan gizi —— sekarang lebih dikenal dengan program bina gizi——– yang dilaksanakan oleh Departemen Kesehatan setiap 6 bulan yaitu bulan Februari dan Agustus , anak-anak balita di berikan kapsul vitamin A secara gratis, dengan target pemberian 80% (Baca : Delapan Puluh Persen) dari seluruh anak balita, sisanya 20 %nya diharapkan pada keluarga yang telah mampu memberikan vitamin secara mandiri.

Kapsul Vitamin A yang diberikan gratis pada balita ini dibedakan atas dua jenis, yaitu Kapsul Vitamin A Biru dengan dosis 100.000 IU (30.000 ug retinol) hanya diberikan untuk bayi usia 6-11 bulan (lihat contoh kapsul gambar samping). Dengan kebutuhan 400 ug perhari maka setiap pemberian akan memenuhi 2-3 bulan kedepan. Kapsul Vitamin A Merah dengan dosis 200.000 IU ( 60.000 ug retinol) hanya diberikan untuk anak balita dan ibu nifas. Kebutuhan vitamin A yang banyak (kelebihan) ini dapat disimpan dihati. Dengan kebutuhan 500 ug perhari maka setiap pemberian akan memenuhi kebutuhan vitamin A 5-6 bulan kedepan. (Tami Tarly)

2 komentar untuk “Bahaya Kekurangan dan Kelebihan Vitamin A”

  1. Berguna banget ya vitamin A untuk mejaga kesehatan tubuh kita. makasih infonya.

  2. indah

    Vitamin a menambah napsu makan tidak ya

Beri komentar