Home » Program » Healthy Center » Tahun 2011 DBD kota Palembang Meningkat 6,85 Persen

Tahun 2011 DBD kota Palembang Meningkat 6,85 Persen

Palembang – Kasus demam berdarah di Kota Palembang pada tahun 2011 ternyata mengalami peningkatan jika dibandingkan 2010. “Tahun 2011 di Kota Palembang mencapai 681 kasus sementara pada tahun 2010 sebanyak 675 kasus demam berdarah atau mengalami peningkatan 6,85 persen”, Ujar dr. Afri Melda dari Dinas Kesehatan Kota Palembang di Acara Healthy Center.

Talkshow Demam Berdarah Dinas Kesehatan kota Palembang

Dia mengatakan dalam beberapa tahun sebelumnya sebetulnya kasus DBD terus mengalami penurunan. Pada tahun 2010 Palembang sebanyak 675 kasus, tahun 2009 sebanyak 975 kausu dan tahun 2008 sebanyak 1500an. “Peningkatan pada tahun 2011 bisa jadi karena musim hujan yang cukup ekstrim”, Katanya.

Pihaknya menyarankan agar masyarakat berhati-hati karena sampai saat ini belum ada vaksin untuk mengobati Demam Berdarah. Ada beberapa gejala demam berdarah secara umum seperti demam tinggi, pusing berat dan nyeri di ulu hati serta ada timbul bintik-bintik merah.

Untuk mencegah timbul DBD bagi telah menderita ada beberapa cara diantaranya meningkatkan daya tahan tubuh dengan vitamin C dan A serta menambah cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih dan jus. Selain itu juga dengan memperbanyak kosumsi sayur-sayuran.

Sementara untuk mencegah penyakit demam berdarah yang belum terjangkit ada beberapa cara yaitu cara mekanik yang dikenal dengan 3 M (menguras bak, menutup bak dan menimbun sampah), cara biologis yakni dengan memelihara ikan tempalo yang akan membasmi jentik nyamuk dalam bak serta cara kimia dengan menaburkan abate tiga bulan sekali dan penyemprotan pestisida.

Pada tahun 2012 ini dinas Kesehatan Kota Palembang akan memberikan perhatian khusus seperti anak sekolah diharap memakai pakaian panjang dan melakukan pembersihan bak-bak disekaloh agar siswa tercegah dari demam berdarah. (Fatur/Trijaya)

Beri komentar