Home » Program » Healthy Center » Penderita Ginjal di Sumsel Berhak Berobat Gratis

Penderita Ginjal di Sumsel Berhak Berobat Gratis

Gubernur Alex Noerdin pada perayaan menyambut Hari Ginjal Sedunia pada Minggu (31/3/2013) pagi di Aula RS Mata Sumsel

Palembang – Kehadiran Gubernur Alex Noerdin pada perayaan menyambut Hari Ginjal Sedunia pada Minggu (31/3/2013) pagi di Aula RS Mata Sumsel Jalan Kolonel H Burlian Km 5 Palembang mampu membangkitkan semangat dan moral para penderita ginjal sehingga acara ini berlangsung dalam suasana haru dan bahagia.

Dalam acara itu Gubernur Alex Noerdin menegaskan kalau penderita penyakit ginjal di Sumatera Selatan sepenuhnya ditanggung pemerintah melalui program berobat gratis.

Para penderita sendiri cukup antusias menyambut kegiatan ini. Sehingga sejak pagi, ratusan penderita penyakit ginjal berkumpul di Aula RS Mata menunggu kehadiran Gubernur Alex Noerdin. Gubernur H Alex Noerdin sendiri hadir bersama Direktur RS Muhammad Hoesin, dr Yanuar Hamid, Ketua Korwil Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) Sumbagsel dr Ian Effendi, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel dr Penti Afrina dan Kepala Divisi kardiologi Bagian Penyakit Dalam RSMH Prof Dr H Ali Gani.

Acara yang dibuka oleh salah seroang pasien penyakit ginjal Bambang Wahyudi (56) yang menderita ginjal selama 7 tahun bernyanyi bersama sama para peserta lainya, sebelum bernyanyi dirinya mengucapkan terima kasih Gubernur atas bantuan selama ini dalam mengobati penyakit yang di deritanya.

Selanjutnya disampaikan ceramah umum tentang ginjaldengan tema “Ginjal bagi kehidupan stop ganguan ginjal Akut” yang disampaikan Ketua Korwil Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) Sumbagsel, dr Ian Effendi.

Dikatakan Ian Effendi, saat ini pasien penyakit ginjal selalu bertambah, setiap tahunya di Sumatera Selatan sudah sebanyak 270/1 juta jiwa terkena penyakit ginjal.

“Sementara di Indonesia sendiri sekitar 400/1 juta penduduk menderita penyakit ginjal. Sehingga penyakit ini perlu dideteksi sejak dini agar mencegah terjadinya penyakit ginjal kronis. Untuk mengobati penyakit ini perlu cangkok ginjal dan diharapkan sesegar mungkin dapat dilakukan di Sumatera Selatan,” kata Ian Effendi.

Ian Effendi juga mengucapkan terima kasih kepada Alex Noerdin karena untuk penderita penyakit ginjal di Sumsel pengobatan seluruhnya gratis berkat jaminan pemerintah melalui program berobat gratis. Padahal untuk pengobatan penyakit ini membutuhkan biaya yang cukup besar.

“Selain itu kehadiran Bapak Gubernur Alex Noerdin juga menjadi semangat bagi kami karena ini merupakan yang pertama seorang gubernur mau menghadiri perayaan Hari Ginjal Sedunia ini. Para penderita ginjal di Sumsel juga bangga dengan pak Alex Noerdin karena pengobatan penyakit ini semuanya dibantu pemerintah,” kata Ian.]

Sementara Gubernur Alex Noerdin mengatakan, ia berterima kasih atas sambutannya sekaligus bersyukur karena program Berobat Gratis sangat membantu masyarakat Sumatera Selatan dalam mengobati penyakitnya.

Program yang diawali sekolah gratis dan berobat gratis di Sumsel dapat dirasakan oleh masyarakatnya. Tidak hanya itu Sumsel juga nomor satu di bidang olahraga.

Sehingga Gubernur yang hadir setelah menghadiri kejuaraan Triatlon di Palembang ini, mengajak masyarakat untuk rajin berolahraga agar terhindar dari penyakit.  Gubernur juga berpesan untuk menjaga makanan dari makan yang tidak sehat. Kemudian untuk mendukung Sumsel sehat, Alex Noerdin akan memberikan dua unit mobil lab.

Gubernur juga menjelaskan APBD Sumsel saat ini Rp 6 triliun lebih  dan akan terus meningkat dan semuanya digunakan untuk masyarakat Sumsel. Seperti saat ini Rumah Sakit Mata Provinsi Sumsel telah mendapatkankan penghargaan Citra Pelayanan Prima dari Kementrian Aparatur Negara di Jakarta.

“Setelah Rumah Sakit Mata Pemerintah Provinsi juga akan meresmikan Rumah Sakit Gigi dan Mulut, tidak hanya itu disini juga akan dibangun rumah sakit provinsi dan rumah sakit pendidikan modern yang saat ini sudah ditenderkan,  milik pemerintah dan semuanya gratis Untuk rakyat,” ujar Gubernur. (REL)

Beri komentar