Home » Program » Jazz On Trijaya » Jak Jazz » Kolaborasi Lintas Generasi

Kolaborasi Lintas Generasi

JAK JAZZ 2008 ( HARI KE-3 )

Hari terakhir Jak Jazz 2008 penonton termanjakan dengan penampilan Andrae Crouch yang tampil di Concert Hall.Banyak audience penasaran dengan sosok Andrae,salah satu pelopor dari gaya bermusik gospel contemporary yang dipadukan dengan klasik lewat paduan suara.Salah satu tonggak perjalanan musiknya adalah ketika membentuk Andrae Crouch & The Disciples yang dianggap sebagai grup gospel pertama di era 60-an.Dengan penghargaan 9 Grammy Award dan nominasi Academy Award selain mendukung beberapa project film seperti The Lion King dan Free Willy.Penampilannya memuaskan dahaga pecinta lagu-lagu gospel di arena Jak Jazz 2008 yang kadang ikut larut bernyanyi,disela-sela komunikasi Andrae dengan penonton.

Andrae Crouch dengan gaya gospel-nya

Andrae Crouch dengan gaya gospel-nya

Dan inilah yang menjadi magnet penonton Jak Jazz 2008 di hari terakhir,yaitu performance dari Yellow Jackets.Salah satu grup yang sangat kreatif yang tampil rutin pada skema “Rhythm dan Jazz”. Banyak komposisi yang melekat di benak pecinta jazz Indonesia mulai dari album Samurai Samba,Dreamland dan Time Squared dan album live Twenty Five.Penampilan Yellow Jackets kali ini lebih banyak membawakan komposisi dari album barunya yang dirilis tahun 2008 ini yaitu Lifecycle. Tentu surprise dan ini yang ditunggu penonton yaitu kolaborasi mereka dengan gitaris Tohpati dalam salah satu komposisi lagu yang mereka mainkan.

Yellow Jackets dengan musical fusion

Yellow Jackets dengan musical fusion

Jak Jazz 2008 ditutup dengan penampilan Special Collaboration Jak Jazz 10th Edition Celebration yang menampilkan musisi lintas generasi sebagai cermin perjalanan jazz di Indonesia. Mereka berkolaborasi adalah Ireng Maulana,Idang Rasjidi,Margie Segers,Benny Likumahua,Syaharani,Yance Manusama,Didiek SSS,Tompi.Rudi Subekti dan Sam Panuwun. Boleh dibilang inilah jam session yang komplet karena latar belakang musik yang juga beda meskipun masih dalam satu nafas jazz.

Special Edition 10 th Jak Jazz perfomance Ireng Maulana & Friend

Special Edition 10 th Jak Jazz perfomance Ireng Maulana & Friend

Dalam penjelasannya Ireng Maulana selaku penggagas dan penanggungjawab event ini mengatakan “Saya cukup senang dan bersyukur akhrnya Jak Jazz 2008 ini dapat berlangsung dan berjalan dengan baik,kita harap tahun depan masih bisa terlaksana tentunya dengan bantuan semua pihak terutama untuk menutup cost produksi” (Eko Adji)

Beri komentar