Home » Program » Jazz On Trijaya » Ngayogjazz » Workshop Bersama Mezcal Jazz Unit Perancis

Workshop Bersama Mezcal Jazz Unit Perancis

Suasana Jam Session Musisi Jazz Yogja dan Mezcal Jazz Unit Perancis

Suasana Jam Session Musisi Jazz Yogja dan Mezcal Jazz Unit Perancis

Acara workshop musik ini bagian dari acara Ngayogjazz 2014. Workshop bersama musisi dari Perancis yaitu Mezcal Jazz Unit ini berlangsung di Rumah Budaya Tembi jl.Parangtiritis km.8,4 Yogja pada hari Jumat 21 Nopember 2014. Acaranya sendiri berada di lokasi Museum Rumah Budaya Tembi yang disulap untuk menjadi arena workshop dan diskusi musik jazz, peserta yang hadir hampir mencapai 100 orang yang didominasi oleh musisi-musisi Yogja. Acara dimulai mulai pukul 15.15 dengan dibuka oleh 1 buah komposisi lagu yang dimainkan oleh Mezcal Jazz Unit. Setelah memainkan 1 komposisi pemain bass sekaligus leader dari Mezcal Jazz Unit yaitu Emmanuel De Gouvello sempat langsung menanyakan ke audience yang hadir apa akan langsung tanya jawab atau mereka akan mainkan 1 komposisi lagi.Akhirnya atas permintaan peserta yang pada ikut workshop, mereka memainkan 1 komposisi lagu kembali.Adapun formasi lengkap dari Mezcal Jazz Unit lainnya adalah Christophe Azema (instrumen tiup) , Daniel Solia (drum) dan Jean Marie Frederic (gitar).

Sesi tanya jawab dengan para peserta berlangsung menarik, ada yang bertanya mulai dari terbentuknya grup ini kapan.Kemudian juga ada yang menanyakan konsep musik mereka sebetulnya masuk ke genre jazz yang mana.Beberapa peserta juga menanyakan tentang bagaimana para personil Mezcal Jazz Unit menyatukan visi bermusik serta apakah mereka rutin tiap hari latihan bersama serta ada pula pertanyaan terkait dengan bagaimana cara melatih tempo dan ritme serta improvisasi dalam memainkan musik jazz. Pemain gitar Jean Marie Frederic tampak dominan banyak menjawab pertanyaan secara detail dari para peserta termasuk juga menjelaskan keunikan dari alat gitar khas yang dimainkannya yang memang berbeda dengan gitar pada umumnya.

Di session terakhir dari acara workshop juga dibuka jam session kolaborasi antara Mezcal Jazz Unit dengan musisi-musisi Yogja yang  hadir pada waktu ini. Yang sempat melakukan jam session ada 2 pemain piano, 2 pemain gitar dan 3 pemain alat tiup yang secara bergantian ber jam session. Ada 1 lagu daerah yang coba dibawakan dengan improvisasi yang menarik yang banyak mendapat tepuk tangan dari para penonton dan peserta workshop.Bahkan Board Of Event Creative Ngayogjazz yang juga sekaligus pentolah dari Kua Etnika yaitu Mas Djaduk Ferianto ikut terlibat dalam jam session dengan improvisasi scat singing suara vokal yang saling bersahutan dengan pemain gitar Jean Maire Frederic dari Mezcal Jazz Unit.

Beri komentar