Home » Program » Jazz On Trijaya » The History of Jazz » DIXIE DAN MINAT MUSISI PUTIH EDISI – 1

DIXIE DAN MINAT MUSISI PUTIH EDISI – 1

Ragtime berkembang mempengaruhi terbentuknya musik country. Pada hakekatnya, musik country mempunyai dasar yang sama dengan musik dixie. Bedanya, dixie mempunyai chromatism notasi jazz (ini pun dibentuk melalui perkembangan-perkembangan dixie). Musik jenis ini dengan cepat berkembang luas di setiap penjuru Amerika Serikat, hingga seolah-olah menjadi musik rakyat khas Amerika. Oleh karena itu dinamakan musik dixie (dixieland adalah nama julukan untuk Amerika Serikat).
Memasuki dekade 20-an, musik dixie semakin mengarah kepada wujudnya. Dalam musik dixie, improvisasi dilakukan secara serempak oleh beberapa solist (trumpet/cornet,trombone,clarinet). Suatu illustration yang seakan menunjukkan suasana ruangan dengan sejumlah orang yang sedang asyik terlibat dalam berbagi pembicaraan. Atau semacam lobbying. Masing-masing terhanyut dalam pembicaraan yang kadang diselingi jeritan, tawa dan sebagainya. Mungkin juga menggambarkan kesibukan penduduk Amerika. Musik dixie biasa terdapat di kapal-kapal sepanjang sungai Mississippi, yaitu sejak jazz keluar dari New Orleans. Rhythm section terdiri dari string bass (pengganti tuba), drums dan banjo.Pada country, masih menggunakan biola sebagai solist.
Pada dekade 20-an, para musisi putih banyak yang menaruh minat/perhatian terhadap musik hitam ini. Mereka mulai memainkan dan ikut berperan di dalamnya. Melalui musik ini, terasa keakraban antara musisi hitam dan putih, tak ada rasialisme. Para musisi hitam pun dengan senang hati berbaur. Bahkan kadang belajar dari musisi putih yang pandai memimpin sebuah band dan memperjuangkan job atau kontrak main.
Seorang musisi putih pemain clarinet, namanya Pee Wee Russell, lahir di St. Louis pada tahun 1906. Semenjak kecil ia belajar piano, biola,drums dan clarinet. Ia tertarik jazz pertama kali dari mendengar rekaman Alcide Nonez bersama Louisiana Five band pada tahun 1919. Pee Wee Russell ini disamping musik juga punya hobby melukis.Dinding-dinding rumahnya penuh dengan lukisan-lukisannya yang bercorak contemporary decorative.
Hobby-nya ini pun didorong oleh isterinya, Mary. Seperti musisi lain yang punya hobby melukis seperti drummer George Wettling, Larry Rivers dan lain-lain. Russell selalu mengisi waktu luangnya dengan melukis. Namun hasil lukisan Russell lebih unik, seunik musik yang dimainkannya.(Eko Adji)

Beri komentar