Home » Program » Jazz On Trijaya » The History of Jazz » NEW ORLEANS EDISI – 3 - Trijaya FM Palembang

NEW ORLEANS EDISI – 3

Selain Sidney Bechet musisi lainnya yang berpengaruh di era New Orleans adalah Joseph Oliver, ia lahir di Dogdes Street New Orleans pada tahun 1885.Karena debutnya dibidang musik,ia mendapat julukan king hingga namanya menjadi Joseph King Oliver.Umur 15, ibunya meninggal dunia dan ia ikut tantenya.Ia bergabung dengan tetangganya yang punya Brass Band.Lalu ia mengikuti band-band lain,antar lain Henry Allen Brass band,Original Superior Orchestra , dan lain lain.
Pada tahun 1910 ia bekerja di Storyville.Tahun 1918 ia ditawari untuk bergabung dengan sebuah perkumpulan cabaret di Chicago, bernama Royal Garden.Setahun kemudian,band pengiring cabaret tersebut diberinya nama King Oliver’s Creole Band, dengan para pemain trdiri dari Warren Dodds (drums), Johnny Dodds (clarinet),Honore Dutrey (trombone),Lil Hardin (piano), Bill Johnson (bass) dan Oliver sendiri memainkan cornet.
Mungkin karena capek, ia meminta seorang musisi muda berasal dari New Orleans umur 22 tahun untuk bergabung dengannya.Musisi muda tersebut adalah Louis Armstrong.Tahun 1923 band tersebut menjadi terkenal dan menjadi begitu penting artinya bagi sejarahjazz.Dalam rekaman,kadang-kadang Bill Johnson memainkan banjo, dan Oliver menambahkan saxophone, yaitu pada akhir dekade 1920-an.
Oliver adalah musisi jazz dengan style New Orleans yang genius.Ini terlihat dari rekaman-rekaman-nya.Ia merekam karya Jelly Roll Morten ‘Froggie Moore’ yang terbagi dalam intro 4 bar : A 16 bar (2x), B 16 bar (2x), interlude 2 bar, kembali ke B dan coda 2 bar. Juga rekaman berjudul “Riverside Blues’, sebuah blues 12 bar dengan nada F.
Pada tahun 1924 Louis Armstrong meninggalkan band tersebut. King Oliver kemudian rekaman lagi dengan band baru, yaitu Dixie Syncopaters pada tahun 1926.Joseph King Oliver meninggal pada tanggal 8 April tahun 1938, karena sakit.
Selain kedua tokoh yang sangat berpengaruh dalam perkembangan jazz dewas itu, juga terdapat musisi-musisi besar yang mempunyai peranan penting dalam sejarah perkembangan jazz.Misalnya abang drummer King Oliver’s Creole Band, Warren Doods yaitu Johnny Dodds. Johnny Dodds adalah pemain clarinet pada King Oliver’s Creole Band juga. Ia lahir pada tahun 1892.Karena permainannya yang canggih dalam memainkan clarinet,maka ia dianggap sebagai father of music dan mendapat julukan “Bapak Clarinet”.
Seorang tokoh lainnya adalah Jelly Roll Morten, Ia dilahirkan pada tahun 1885 dengan nama Ferdinand La Menthe.Ayahnya adalah seorang creole hitam bernama F.P. La Menthe.Sewaktu Jelly masih muda, ibunya bercerai dengan ayahnya, dan kawin lagi dengan seorang pria bernama Morton yang punya warna kulit terang.Menaurut Jelly, Morton adalah orang kulit putih.
Pada waktu masih balita, Jelly sering memukul-mukul panci-panci yang diletakkan mengelilingi tempat duduknya.Pada umur 5 tahun ia sudah bisa memainkan harmonika, lalu les guitar spanish pada tetangganya. Pada usia 7 tahun, dengan guitar ia mencoba mengkombinasikan dengan bass dan mandolin.Pada umur 14 tahun, ibunya meninggal dan ia tinggal bersama kakeknya yang mendorong bakat cucuknya di bidang musik.Jelly meneruskan experiment dengan menggabungkan istrument-instrument lainnya seperti bila,drums,kadang-kadang juga trombone.(Eko Adji)

Beri komentar