Home » Program » Jazz On Trijaya » The History of Jazz » MUSIK : NEW ORLEANS EDISI – 5

MUSIK : NEW ORLEANS EDISI – 5

Louis Armstrong kemudian dipanggil King Oliver ke Chicago untuk bergabung dengan King Oliver’s Creole Band.Tahun 1924 ia kawin dengan pianist band tersebut, Lillian Hardin.Tahun itu juga ia dan isterinya keluar dari King Oliver’s Creole Band dan masuk ke Handerson Band.Tapi band ini bukan jazz band,melainkan band untuk mengiring dance (ball room) dan show serta pengiring penyanyi untuk rekaman.Ia juga sering mengerjakan rekaman sambilan, antara lain bersama Clawrence Williams Group, Red Onian Jazz Babies bersama Bechet, serta sebagai backing up penyanyi blues.

Tahun 1929 Louis Armstrong pindah dari Chicago ke New York.Tahun 1930 ia bercerai dengan Lil Hardin dan kawin dnegan Lucille Wilson.Ada banyak sekali rekaman yang dibuat oleh Armstrong.Diantaranya yang terkenal adalah “Sugar Foot Stomp” yang mengambil versi Oliver dalam “Dippermounth Blues”, “Laughing Louie” (1930-an), “Stardust” (1931), “Between The Devil and The Deep Blue Sea”, “Home”, “Hobo,You Can’t Ride This Train” (semuanya dalam 1932), “Swing That Music” (bersama Chick Wenn – 1936), “Jubilee”, “Struttin’ With Some Barbecue” (1938), dan masih banyak yang lain.

Karyanya yang paling menonjol dan populer adalah “Hello Dolly” dan “Mack The Knife”. Dua lagu yang sering dibawakan,bahkan sempet direkam pula oleh vocalist pemujanya, yaitu Ella Fitzgerald.Tahun 1946 era swing pudar, dan periode big band pun berakhir pula.Armstrong kembali membuat small band dengan corak dixie, dan ia mulai menyanyi dengan suaranya yang khas serak.Kemudian ia lebih dikenal sebagai penyanyi daripada sebagai trumpeter.Namun pada tahun 1950 ia kembali “berbicara” lewat trumpetnya.

Pada sekitar tahun 1961, di Semarang pernah diputar film “The Louis Armstrong Story”.Dalam film tersebut digambarkan ketika ia bertengkar dengan Lil hardin. Oleh isterinya itu ia dilempari piring dan benda-benda lain.Ia hanya mengelak sambil tangannya menutupi bagian tubuhnya yang paling berharga dalam hidupnya, yaitu…….…..bibirnya !

Louis Armstrong dikenal sebagai master trumpet legendaris yang punya tone hangat dan penuh bagaikan madu dalam semua register.Attacknya yang kuat dan jernih, lebih lebih warna jazz-nya yang khas, boleh dikata tak ada duanya.Dialah solist muda pertama di dunia yang menggebrak dunia jazz pada usia belia.Oleh karena nafasnya pendek, maka tiupannya sering menggunakan note stakato ; demikian juga vocalnya. Walaupun begitu, ia selalu tepat dalam meniupkan note-notenya.Dan ia merupakan improvisor terbaik di sepanjang zaman.Ia berkarya sejak muda hingga akhir hayatnya.Louis Armstrong meninggal pada tanggal 6 Juli 1971 , persis dua hari setelah ulang tahunnya yang ke 71.(Eko Adji)

Beri komentar