Home » Program » Jazz On Trijaya » The History of Jazz » NEW ORLEANS EDISI - 1 - Trijaya FM Palembang

NEW ORLEANS EDISI – 1

Kebanyakan musisi negro autodidak atau tumbuh karena bakat alam.Bentuk jazz waktu itu belum jelas.Ragtime mulai merambat mempengaruhi bentuk country.Banyak negro memainkan blues sebagai musik rakyat kaum hitam.Blues itu bermacam coraknya, ada urban blues,ada gospel/blues spirituel. Ada yang mengikuti jalur jazz, ada yang menjurus ke pop, dan ada yang membawakan dengan corak country hingga disebut sebagai country blues.
Ada guitarist primitive country blues yang bernama Huddie Ledbetter, lahir 1880. Kemudian dikenal dengan nama Lead-belly dan mulai kariernya sebagai guitarist berpenghasilan 15-50 sen semalam.Pada umur 16 ia kawin, dan tahun 1910 pindah ke Dallas.Leadbelly ini orangnya brutal dan jagoan, hingga 3 kali dipenjara.Sekali karena menyerang cewek , sedang 2 kali karena pembunuhan.
Suatu ketika ia diganjar hukuman penjara selama 50 tahun.Pada saat ia sedang menjalani hukuman itu, datang seorang bernama John Lomax yang mengambilnya untuk diperkenalkan permainan guitarnya kepada gubernur Texas, Pat Neff dan Gubernur Louisiana, O.K.Allen. Kedua gubernur itu akhirnya memberikan pengampunan kepada Leadbelly.
John Lomax kemudian membawanya ke New York untuk rekaman.Nama Leadbelly lalu sering disebut di koran dan majalah sebagai pembunuh yang jadi Master Folk Singer, atau seorang guitarist bekas pembunuh.Leadbelly mulai main di nightclub. Tahun 1949 ia pentas di Paris, kemudian meninggal di kota tersebut pada bulan Desember 1949.
Seorang guitarist primitive country blues lainnya adalah Lemon Jefferson.Karena ia buta sejak lahir, maka ia dikenal dengan sebutan Blind Lemon Jefferson. Ia dilahirkan pada tahun 1897, di tanah pertanian dekat Worthman, Texas, kira-kira 100 mil sebelah selatan Dallas.
Seperti negro buta lainnya pada waktu itu, Jefferson pun memilih musik sebagai penghidupannya.Pada awalnya ia sering menghibur di pesta dansa sekitar tanah pertanian dimana ia tinggal.Ketika umur 20 tahuan, ia pergi ke Dallas untuk main di bar,pesta dansa, bahkan ngamen di rumah-rumah pelacuran.
Ia kemudian bergabung dengan para musisi hitam, menelusuri Amerika Serikat bagian selatan.Ia datang ke perusahaan rekaman Paramount, dan antara tahun 1926-1929 ia sudah menyelesaikan sebanyak 80 buah rekaman yang terkenal luas di kalangan negro.Blind Jefferson mati muda pada tahun 1930 (jadi kira-kira umur 33 tahun), tanpa diketahui dengan jelas sebab-sebabnya.
Band-band di New Orleans pada tahun 1915-1917 sudah mulai kelihatan arah bentuknya.Bentuk musik tersebut disebut sebagai awal atau dasar bentuk musik jazz yang berkembang hingga saat ini. Waktu itu dikatakan bahwa jazz merupakan hasil experiment seni dengan menggambarkan bentuk lama, seperti Picasso membuat lukisan, atau O’Neil menggarap theater atau Pound menggubah syair.
Di New Orleans yang telah dipenuhi oleh bentuk-bentuk musik sejak 1890 itu, dalam 1915 mulai menampakkan potensinya dalam musik jazz.Musik jazz main di nightclub, rumah judi,rumah bordil,bar dan tempat-tempat serupa.Makin lama suasananya makin ribut.Sering terjadi keonaran karena perkelahian,pembunuhan dan sebaginya.Keadaan seperti itu dianggap mengurangi respek masyarakat terhadap pemerintah.Akhirnya, pada tahun 1917 pemerintah menutup semua kegiatan di New Orleans tersebut.(Eko Adji)

Beri komentar