Home » Program » Mutiara Sore » Mendidik Anak menjadi Soleh dan Soleha

Mendidik Anak menjadi Soleh dan Soleha

Anak merupakan investasi orang tua yang paling berharga. Setiap orang tua selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik, memberikan semua yang dibutuhkan serta mengabulkan semua keinginan sang anak, agar si anak bahagia.Namun terkadang, tidak selamanya apa yang dilakukan oleh orang tua mendapatkan balasan yang setimpal dari sang anak. Tidak jarang, didapati anak yang ssering berkata kasar kepada orang tuanya, Membantah bahkan tega membunuh. kalau sudah begini, sebenarnya apa yang terjadi? Bukankah anak dilahirkan dan dibesarkan oleh orangtuanya.

Dalam Mutiara Sore, Kerjasama Radio Trijaya Palembang dengan Dompet Sosial Insan Mulia edisi Rabu, 10 Februari 210, Ustd Mugiono Abu Hafifah mengatakan, Anak Anak yaang akan terus berlaku baik terhadap kedua orang tuanya adalah anak anak yang soleh dan solehah.

Lalu bagaimana cara mendidik anak agar mereka dapat menjadi anak yang soleh dan solehah?

“Orang tua mempunyai peranan yang sangat besar dalam pembentukan kepribadian sang anak. Bukan hanya ketika mereka memasuki usia sekolah, dari dalam kandungan pun, perilaku orang tua harus selalu dijaga, karena percya atau tidak, perilaku ini akan sangat berpengaruh pada kehidupannya nanti.”terang ustad.

Ada 3 lingkungan yang akan berpengaruh pada tumbuh kembang si anak. Pengaruh Lingkungan keluarga, Orangtua dan saudaranya akan berperan dalam pembentukan karakter anak. Ketika orang tua cendrung membeda bedakan anak satu dengan yang lain, maka anak akan merekamnya yang bisa jadi juga akan diterapkana pada lingkungan lain.

Lingkungan sekolah, juga memegang peranan penting, apalagi pada usia sekolah, anak menghabiskan sebagian besar waktunya di lingkungan ini.

Yang terakhir, lingkungan sosial. Dimana dan dengan siapa si anak bergaul juga harus diperhatikan oleh para orang tua untuk menghindari pengaruh yang tidak diinginkan.

Memarahi anak dengan kekerasan sangat tidak dianjurkan, begitu juga meunuruti semua kehendak sang anak tanpa ada filterisasi, bisa berakibat yang kurang baik pada kepribadiannya. Orang tua dituntut agar bijaksana dan menamkan norma norma agama kepada si anak sejak awal.

Ketik si anak tumbuh menjadi pemuda/i yang taat beribadah,sayang dan hormat kepada orang tua dan yang lebih tua, terlihat sangat santun dan sopan dalam pergaulan. Para Orang tua boleh berbangga, karena bisa jadi, mereka telah berhasil menjadi anak anak yang soleh dan solehah (dinnaherly)

Beri komentar