Home » Program » Mutiara Sore » Hikmah berkurban

Hikmah berkurban

Hari raya Idul Adha segera tiba, Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika nabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba. Ibadah yang senantiasa dilakukan oleh umat muslim yang mampu setiap tahunnya. “Bukan sekali seumur hidup, namun setiap tahun apalagi jika kita memiliki harta yang berlebih” ujar Ustd Ali dari DPU Darut Tauhid Palembang dalam Mutiara Sore yang disiarkan dari Radio Trijaya Palembang beberapa waktu yang lalu.

Lalu apa sesungguhnya hikmah berkurban?

“selain untuk menghidupkan sunah Rasul, berkurban menyimpan banyak sekali hikmah, diantaranya sebagai media berbagi kepada saudara saudara kita yang mungkin jarang sekali mengkonsumsi makanan seperti daging (karena tidak mampu),berbuat baik kepada keluarga dan memuliakan tetangga dan bersedekah kepada faqir miskin pada hari raya Idul Adha” tambah ust Ali.

Bukan hanya itu, dengan berkurban, kita bersyukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan, baik itu kesehatan, harta yang banyak, serta umur yang panjang. Kurban tentu saja adalah bentuk ibadah yang ALLAH SWT sudah memperhitungkan besar pahalanya.

Tahun ini, sudah siapkah kurban anda? (dinnaherly)

Beri komentar