Home » Program » Mutiara Sore » Memaknai Hijrah Disetiap Pergantian Tahun Islam

Memaknai Hijrah Disetiap Pergantian Tahun Islam

Beberapa hari yang lalu baru saja kita melewati pergantian tahun hijriah. Ya, saat ini kita sudah berada di bulan Muharram 1432 H. Lalu bagaimana kita memaknainya?

Tidak banyak yang menganggap moment pergantian tahun islam itu penting. Maka dari itu tidak heran jika pergantian tahun masehi lebih semarak dan meriah dengan terompet, pesta pesta dan antusiasme hampir seluruh masyarakat di dunia. Gemanyapun bahkan sudah dimulai beberapa bulan sebelum puncaknya tiba.

Bersama Ustad Dikdik dari DPU Daarut Tauhid, Mutiara Sore dan Trijaya Palembang mencoba mengkaji makna Tahun Baru Hijriah. “Lebih dari sekedar resolusi, melainkan hijrah” ujar ustd Dikdik.

Hijrah, tentu saja bukan hijrah berpindah ke satu tempat ke tempat yang lain seperi yang selalu dilakukan di jaman Rasullullah SAW. “Hijrah itu luas artinya, disaat sekarang, kita bisa Hijrah menjadi Insan yang lebih baik, dengan mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan di sepanjang tahun” jelasnya

Coba perhatikan, apakah di tahun sebelumnya kita sudah rajin melakukan shalat, jadikanlah tepat waktu. Jika sudah? coba lebih dimaknai, lalu diamalkan. Atau bisa kita lihat kembali, seberapa dekat kita dengan Allah SWT, atah malah semakin jauh? Atau sudah seberapa bermanfaatkah kita untuk orang orang yang ada di lingkungan sekitar?. Menjadi lebih baik dari yang kita sudah analisa, ini bagian dari Hijrah.

Ditanya tentang bagaimana membuat masyarakat lebih familiar dengan Tahun Baru Islam ketimbang Tahun Baru Masehi,Ustad Dikdik menjawab, ini tugas dari semua masyarakat. “kalau pergantian tahun masehi bisa begitu ramai, di create sedemikian rupa dengan acara acara istimewa, kenapa Tahun Baru hijriah gak bisa? toh banyak kegiatan yang bisa dilakukan, menggambar kaligrafi misalnya?. Pihak penyelenggara harus kreatif , dengan demikian masyarakat menjadi antusias untuk datang, sehingga menjadi familiar.”

Selamat Tahun Baru Islam, 1432 H. Semoga kita menjadi Umat Allah SWT yang lebih baik lagi. (dinnaherly)

Beri komentar