Home » Program » Mutiara Sore » DPU Darut Tauhid Palembang, Memberdayakan Umat

DPU Darut Tauhid Palembang, Memberdayakan Umat

Zakat, termasuk kedalam rukun islam yang artinya wajib dikerjakan selayaknya sholat. Namun tidak sedikit dari kita yang mengabaikan zakat, dengan berbagai macam alasan, misalnya paradigma zakat yang hanya dibayarkan satu tahun sekali, bingung mencari sasaran zakat yang tepat, kurangnya pengetahuan atau tidak punya waktu untuk memeberikan zakat langsung karena kesibukan.

Kendala kendala semacam ini sering kali dijadikan sebagai alasan orang untuk berzakat hanya satu tahun sekali. “Padahal dengan zakat, hidup akan menjadi bertambah nikmat, pahala di dapat dan harta tambah berlimpah, insyaallah.” ujar Ustd. Supriadi, Kepala cabang DPU Darut Tauhid Palembang.

Mempermudah kita berzakat, kita bisa menunjuk satu diantara beberapa lembaga amil zakat infaq dan sedekah yang ada di kota Palembang. Dalam perbincangannya bersama Trijaya kemarin, DPU Darut Tauhid juga memberikan pemahaman tentang zakat dan mengapa kita memilih lembaga untuk menyalurkannya.

“Zakat itu diupayakan bisa sangat membantu yang membutuhkan, bukan untuk sementara namun sebisa mungkin orang orang yang kita bantu ini kedepannya, sehingga beberapa tahun setelahnya mereka bisa berzakat” ujar ustd supriadi.

DPU Darut Tauhid Palembang sendiri menyalurkan zakat hampir keseluruh wilayah di Sumatera Selatan. “konsepnya pemberdayaan umat, kita membantu untuk mandiri. misalnya, panti asuhan, bukan cuma materi yang kita berikan tapi juga melihat apa yang mereka butuhkan. Beberapa santri di panti asuhan bahkan tidak bisa mengaji, lalu kami mengadakan program membaca alquran perminggu untuk panti tersebut” tambahnya.

Sejauh ini dana yang zakat, infaq dan sedekah yang didapat oleh DPU DT Palembang berasal dari korporat, untuk 2010 totalnya mencapai 1,7 Milyar rupiah. “untuk membangun kesadaran berzakat secara personal di palembang agak sulit, namun kami tetap berusaha melalui KATA, Kotak Amal Tabungan Akherat” jelas Ustd Indra, Funding Manager DPU DT Palembang.

Dengan KATA yang diletakkan di rumah, atau di meja kerja, maka kita akan dengan mudah menyisihkan uang kita untuk berinfaq. “Nanti setiap bulan, petugas kita akan mengambilnya. berapapun jumlahnya” ujar Ustd Indra lagi.

Jangan takut misikin karena berzakat, malah dengan zakat rezeki yang kita punya di lipatgandakan oleh Allah SWT. (dinnaherly)

Beri komentar