Home » Program » Prime Topic » Sumsel Masih Layak Dimekarkan - Trijaya FM Palembang

Sumsel Masih Layak Dimekarkan

Koleksi Foto Trijaya Prime Topic

Palembang – Nasib pemekaran wilayah di Sumsel yang telah diajukan ke Pemerintah Pusat sangat ditunggu hasilnya oleh Masyarakat Sumsel. Tiga daerah yang telah diajukan untuk mendapat persetujuan (pengesahan) adalah Muratara, Pali dan Kikim Area.

Menurut Anggota DPD asal Sumsel Abdul Aziz dalam Acara Trijaya Prime Topic, kran pemekaran pasca pemilu dibuka kembali. Untuk Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) menurutnya masih bisa dilakukan pemekaran daerah atau pembentukan daerah otonom baru. “idealnya Sumsel memiliki 20 sampai 23 kabupaten dan kota”, Katanya.

Pihaknya akan terus mendorong bagi tiga daerah yang telah diajukan agar segera disetujui oleh pemerintah pusat.

Sumsel sendiri saat ini baru memiliki 15 kabupaten dan kota. Padahal Sumsel memiliki wilayah yang luas dengan potensi sumber daya alam seperti minyak dan gas, batu bara, panas bumi, dan sektor perkebunan

Sementara itu, Pengamat Hukum dan Otonomi Daerah Unsri Dr. Febrian mengatakan pemekaran harus tetap pada esensinya yaitu mendekatkan pelayanan publik untuk kesejahteraan rakyat. “Pemimpin sangat menentukan apakah daerah hasil pemekaran itu berhasil atau tidak”, Ujarnya.

Menanggapi tiga daerah yang akan dimekarkan di Sumsel, yang paling potensial menurutnya Musi rawas Utara (Muratara). “Daerah SDAnya cukup menjanjikan”, Pungkasnya. (Fatur/Trijaya)

Beri komentar