Home » Program » Prime Topic » Kenaikan BBM Timbulkan Masalah - Trijaya FM Palembang

Kenaikan BBM Timbulkan Masalah

Palembang – Stok BBM aman dan cukup 21 hari mendatang. Pihak pertamina telah menyiapkan empat terminal untuk menyuplai BBM di Sumateta Selatan.

Walaupun aman Eksternal Relasi PT. Pertamina UPMs 2 Palembang Robert MVD mengatakan saat ini mulai terjadi punick buying aksi borong BBM oleh masyarakat terkait rencana kenaikan harga BBM per 1 April mendatang.

“Harga BBM direncanakan akan dinaikan sekitar Rp. 1500 perliternya, artinya harga BBM baik itu premium dan solar nantinya berkisaran Rp. 6000,-“, Katanya diacara Prime Topic, Senin (12/2).

Walaupun terjadi kenaikan menurut Robert harga jual BBM masih disubsidi karena harga komersil BBM non subsidi berkisar Rp. 9000,-

Dia juga mengatakan jelang kenaikan harga BBM ini rentan penyelewengan BBM dan aksi timbun. Pihak Pertamina telah menemukan indikasi hal ini terutama dicentra perkebunan dan pertambangan.

“Pihaknya Pertamina tidak bisa berbuat banyak karena pengawasan juga menjadi tanggungjawab pemda dan juga kepolisian sebagai instansi yang berwenang melakukan penindakan”, Ujar Robert.

Selain itu, saat ini juga sudah mulai banyak oknum ambil untung disaat suasana seperti ini bahkan ada eceran BBM yang telah mencapai harga 7 ribu rupiah.

Sementara, Aktivis HMI Universitas Sriwijaya Haikal diacara yang sama, menilai rencana kenaikan harga BBM merupakan bentuk kegagalan pemerintah SBY Boediono. Dampak kenaikan ini justru sangat dirasakan oleh masyarakat miskin terutama berdampak pada harga sembako.

Disisi lain menurut Mahasiswa FISIP Unsri ini, sembako tidak diproteksi oleh pemerintah dan diserahkan kepada mekanisme pasar. Pihaknya menyayangkan hal ini seharusnya sembako bisa diproteksi dari dampak kenaikan harga BBM.

Haikal juga mengatakan keputusan menaikan harga BBM bentuk dari ketidakmandirian bangsa Ini. Seharus pemerintah tak perlu menaikan harga BBM jika pemerintah bisa menasionalisasi sektor energi yang saat ini mayoritas dikuasai asing dan melakukan penghematan anggaran negara. (Resume Primetopic/Fatur)

Beri komentar