Home » Program » Profil Minggu Ini » Rosiana Silalahi: Jadi Jurnalis itu Harus Tahan Banting!

Rosiana Silalahi: Jadi Jurnalis itu Harus Tahan Banting!

“Profil Minggu Ini” Edisi Kamis, 15 Desember 2011 menghadirkan sosok wanita yang kuat dan tangguh untuk bidangnya, yaitu jurnalis…Ya Rosiana Silalahi yang memiliki nama lengkap Rosiana Magdalena Silalahi (lahir di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, 26 September 1972.
Mbak Rosi sapaan akrabnya mengaku pernah tinggal di Palembang pada saat TK-SD “aku ini buda’ Kambang Iwak, sampe sekarang masih pacak bahaso plembang,” ujarnya.
Beliau menceritakan awal ketertarikannya pada dunia jurnalis ialah sewaktu kecil selalu suka menonton berita, dan selalu ingin tampil di depan orang, dan tidak ketinggalan selalu berkaca.
Usai meraih gelar sarjana, Mbak Rosi mengirimkan lamaran kerja ke TVRI yang sedang membuka lowongan. Sempat bekerja di perusahaan periklanan selama beberapa bulan, beliau akhirnya dipanggil untuk menjalani tes di TVRI dan diterima sebagai reporter. Di sinilah awal karier yang membesarkan nama Rosi. Kesempatan datang di tahun 1999, saat Liputan 6 SCTV mencari reporter dan presenter baru. Rosi diterima dan setahun kemudian mulai tampil di belakang meja siar sebagai pembaca berita, meski tugas sebagai reporter tetap dijalani.
Beliau berbagi pengalaman bagaimana menjadi seorang jurnalis “jurnalis itu harus tahan banting, mau gak mau harus gelisah. Dan itulah tantangan dan tempahan luar biasa yang didapat,” ungkapnya.
Rosi melejit setelah mendapat gelar Pembawa Acara Talk Show Terfavorit dan Pembawa Acara Berita/Current Affair Terfavorit versi Panasonic Award 2004-2007. Saat ini Rosi sedang mengembangkan bisnis sekolah Broadcast yang diberi nama Rossy Inc yang akan “menampung” orang-orang yang ingin mendapatkan ilmu tentang penyiaran. Disinggung kapan akan kembali ke layar kaca. “Insya Alloh akan kembali taghun depan dan akan goes to campus februari ke Palembang” See You, mbak!!! (Haryz)

Beri komentar