Home » Program » Profil Minggu Ini » “Bukan Radikalis tapi Menjamin Akhlaq itulah Ponpes” Hendra Zainuddin

“Bukan Radikalis tapi Menjamin Akhlaq itulah Ponpes” Hendra Zainuddin

H. Hendra Zainuddin, M.Pd.I, (Ketua FORPESS)

Palembang – Sejak masih muda, ia sangat concern dengan kehidupan dunia pesantren. Di usia 22 tahun, ia telah berani mendirikan pondok pesantren yang bernama “Pondok Pesantren Inayatullah Gasing” yang sampai saat ini masih diamanahkan menjadi Pembina di pesantren tersebut. Pada tahun 2007, H. Hendra Zainuddin, M.Pd.I mendirikan pesantren Khusus Tahfizul Qur’an, yakni Pesantren Aulia Cendekia Palembang.

Di tengah kesibukannya di pesantren, ia juga pernah memimpin organisasi pesantren, yakni Ketua Umum Forum Pondok Pesantren Sumatera Selatan (FORPESS) periode 2005-2008. Hingga periode ke-2 nya saat ini 2011-2014.

Profil minggu ini (8/3) hadir 30 menit sebelum on air di studio trijaya H. Hendra Zainuddin, M.Pd.I dengan style anak muda berkemeja garis-garis dan ber-jeans, banyak bercerita biografi hidupnya.  lahir pada 4 Desember 1973 di Palembang. Beliau menempuh pendidikan Sekolah Dasar SD 100 (tamat tahun 1986). Ia melanjutkan pendidikan di MTs II (tamat tahun 1989). Kedua lembaga ini berada di kota Palembang. Kemudian putra kedua pasangan Drs. Zainuddin Thalib dan Hj. Rukmini memperdalam ilmu agama di pondok pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura (tamat tahun 1994).

Disinggung mengenai persepsi negatif pondok pesantren yang banyak dikaitkan sebagai radikalis, ia pun membantah tegas “ Pondok pesantren itu tempatnya belajara ilmu agama meluluskan santri yang berakhlaq, bermoral bukan radikalis apalagi di sumsel semuanya begitu menjamin akhlq” ungkap Hendra Yang lebih nyaman di sapa Uztad ketimbang kiyai.

H. Hendra Zainuddin, M.Pd.I yang mengagumi Sosok Alex Noerdin, dikenal sebagai ketua Forum pondok pesantren ia juga memiliki segudang aktifitas : 1. Ketua PW Lembaga Kajian dan Pengembangan SDM (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama (NU) Sumsel 2. Ketua VII Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumsel (3.) Korda Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ Kota Palembang  (4.) Wakil Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Sumsel (5.) Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Dewan Pemuda Pondok Pesantren (Depontren) Sumsel (6.) Pengurus ICMI Kota Palembang (7.) Pengurus Komite Madrasah Terpadu Sumsel (8.) Pengurus Daerah PSSI Sumsel (9.) Pengurus Dewan Harian Nasional Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (DHN 45) Sumsel

Kembar dari Hendra Zainuddin (Manager Sriwijaya FC) selalau merasa hidup terus dinikmati dan tak pernah merasa mengeluh, ia juga mengaku 1-5 tahun kedepan berharap bisa menjadi hafiz qur’an dan tidak berkeinginan terjun di dunia politik. (Rifqi/Profil Minggu Ini)

Beri komentar