Home » Program » Psycho Family » Seberapa Besar Cinta Kita Terhadap Orang Tua

Seberapa Besar Cinta Kita Terhadap Orang Tua

Untuk mendapatkan kasih sayang anak terhadap orang tua, sebaiknya ditunjukkan dahulu dengan perlakuan dan perhatian orang tua ke anaknya. Kita memahami karena anak adalah peniru yang ulung, jadi jika orang tua tidak menunjukkan perilaku yang baik, maka anak akan menurut begitu juga sebaliknya. Dalam program Psycho Family (19/1) bersama narasumber Pepen Ali, SH (Auladi Islamic School) mengatakan bahwa tidak ada orang tua yang tidak mencintai anaknya, dari si anak dalam kandungan ibu, lahir ke dunia dengan harapan orang tua agar lahir dengan sehat dan selamat, dan diberi ASI, dibesarkan, itu semua menunjukkan wujud kasih sayang dari orang tua.
Ekspresi atau tindakan orang tua menunjukkan kasih sayangnya berbeda-beda. Misal Ayah menunjukkan kasih sayangnya dengan menunjukkan ketegasan dan cenderung kaku kepada anaknya, sebaliknya ibu lebih ekspresif dan selalu memanjakan anaknya. Pasti anak lebih memilih ibunya dimana ia seolah berada di zona yang nyaman, dengan kata lain seorang Ayah Berbeda mencurahkan Kasih sayang kepada Anaknya. Kondisi ini banyak tidak dipahami oleh anak. “Pola asuh harus sama, bisa sinkron antara Ayah dan Ibu, hal ini harus dikomunikasikan, jangan berlarut-larut demi kebaikan bersama”
Disinggung bagaimana jika orang tua dengan tega menjual anaknya dalam perdagangan manusia (human trafficking), Mas Pepen menjawab bahwa orang tua tersebut tidak beriman dan anak harus berani menolak dan melaporkan orang tuanya ke pihak yang berwajib, sebab ini adalah pelanggaran yang berat.
Tetapi jika anak dengan teganya tidak mengakui orang tuanya, Sekalipun orang tua dapat menyumpahkan anaknya karena sakit hati atas perilaku tsb, namun tindakan yang diambil orang tua sebaiknya doakan saja anaknya supaya sadar dan semoga matanya dibukakan oleh Tuhan bahwa tindakannya adalah keliru. Karena Dibalik Kesuksesan Anak Terselip Doa Orang Tua. Meskipun Banyak Anak yang Tidak Menyadarinya. (Haryz)

Beri komentar