Home » Program » Psycho Family » “Efek Trauma Masa Kecil Orang Tua Pada Pola Asuh Anak”

“Efek Trauma Masa Kecil Orang Tua Pada Pola Asuh Anak”

Pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap masa depan buah hati kita, dimana anak-anak sangat memerlukan bimbingan moril agar bisa membentuk kepribadian mereka. Namun pada kenyataannya banyak sekali orang tua yang tidak sadar dengan tindakan yang mereka lakukan terhadap si anak. Banyak yang menerapkan pola asuh yang salah dikarenakan pengalaman masa lalu yang pernah mereka rasakan dan akhirnya kembali diterapkan untuk mendidik anak.

Dikatakan oleh Bpk. Pepen Ali, SH di PsycoFamilly (23/3) ada 2 cara yang biasa diterapkan oleh orang tua dalam mendidik anaknya. Pertama, yakni pola asuh Fotokopi, yang artinya si orangtua menerapkan apa yang pernah dia rasakan semasa kanak-kanak, apabila pernah merasakan kekerasan dari orang tuanya maka ini lah yang akan diturunkan ke anaknya. Kedua yakni pola asuh balas dendam, yang artinya bertolak belakang dari yang pernah dirasakan, misalkan dulu merasakan kekerasan namun pada saat mendidik anak nya sekarang akan memberikan kasih sayang lebih agar si anak tidak merasakan hal yang sama seperti si orangtua semasa muda.

Namun dari kedua poin ini tidak boleh terlalu berlebih karena akan menimbulkan efek negatif bagi si anak, anak akan cenderung manja dan bergantung pada oranglain dan tidak bisa mandiri menghadapi permasalahan bagi penerap pola Balas Dendam. Namun untuk pola fotokopi efeknya si anak akan memiliki dwikepribadian disatu sisi baik, disisi lain seperti pembunuh. Maka dari itu sebagai orang tua jangan jadikan anak sebagai media balas dendam, namun jaga dan sayangilah anak kita agar menjadi sosok yang baik di masa depan nya. (Deddy)

Beri komentar