Home » Program » Psycho Family » Mengenal Tiga Tipe Belajar Anak

Mengenal Tiga Tipe Belajar Anak

Banyak orang berpikir jika anak dileskan maka anak tersebut akan cepat pintar dan mendapat hasil yang memuaskan. Hal itu tidak salah, tetapi bisa tidak efektif jika anak tersebut tidak cocok dengan sistem les private atau les di bimbingan belajar. Setiap anak tidak bisa menggunakan sistem belajar yang sama.

Untuk bisa belajar efektif setiap orang perlu mengetahui apa arti belajar sesungguhnya. Belajar adalah sebuah tindakan aktif untuk memahami dan mengalami sesuatu. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Jadi, proses belajar terjadi jika anak merespon stimulus (rangsangan) yang diberikan guru. Jika hal itu belum terjadi maka sang anak belum bisa dikatakan belajar.

Dari tipe nya sendiri ada 3 tipe untuk mengenal cara belajar anak, seperti yang disampaikan oleh Pak Pepen dari TK Auladi Islamic Center pada Psycofamily (9/2), yakni Pertama Tipe Visual yang mana si anak bisa menyerap pelajaran lebih cepat dengan melihat. Sebanyak 80% pelajaran bisa dimengerti melalui penglihatannya. Membaca buku dan melihat gambar adalah cara belajar yang paling disukainya. Kedua Tipe Auditory dimana si anak lebih mudah menerima pelajaran melalui audio seperti musik dari radio maupun mp3, dan yang ketiga adalah Tipe Kinestetik yakni anak yang tidak bisa hanya duduk tenang dan menunggu informasi disampaikan. Mereka tertarik mencari sendiri hal-hal yang ingin mereka tahu tanpa harus selalu membaca buku panduan. Oleh karena itu, tipe ini cenderung tidak bisa diam dan kerap dianggap anak nakal karena kerap tidak bisa diam dan sulit mendengarkan penjelasan guru di sekolah. Maka dari itu mulailah untuk mengenali karakter anak anda. (Deddy)

Beri komentar