Home » Program » Special Talkshow » Lumpuh Layu Awal Dari Polio

Lumpuh Layu Awal Dari Polio

Seringkali kita salah memahami istilah lumpuh layu. Kebanyakan masyarakat kita berpendapat bahwa lumpuh layu atau keadaan dimana persendian tidak dapan digerakkan sebagaimana seharusnya adalah polio. Sebagian lain malah mengatakan ini adalah Chikungunya.

Meluruskan hal ini, Depkes Sumsel mencoba mensosialisasikan pemahaman yang lebih tepat tentang lumpuh layu melalui dr. Darmawan dan Ibu Anita di special Talkshow, Kamis 23 Sept 2010 di Radio Trijaya.

“Lumpuh layu adalah sebuah penyakit dimana persendian tiba2 tidak dapat digerakkan, bisa menyebabkan polio tapi belum tentu polio” jelas dr. Darmawan. Lumpuh layu bisa disebabkan oleh penyakit lain, demam misalnya. Si penderita yang tiba2 mengidap lumpuh layu, harus segera diperiksa fesesnya ke laboratorium untuk mengetahui adakah bibit penyebab polio di dalam tubuhnya.

“namun sejauh ini, sejak beberapa tahun yang lalu, di Indonesia sudah tidak ditemukan lagi kasus Polio, walaupun penyakit lumpuh layu dalam masyarakat khususnya Palembang meningkat” ujar ibu Anita

Lalu apa yang menyebabkan polio?
Jawabannya adalah lingkungan yang tidak sehat. Kotoran manusia yang dibuang di sungai, kemudian air yang sudah tercemar tersebut digunakan untuk mandi, menggosok gigi bahkan minum merupakan cara tercepat yang membuat polio menyebar.

Polio pada umumnya menyerang anak anak dibawah umur 15 tahun, walaupun untuk beberapa kasus, polio menyerang orang dewasa. “kemungkinannya kecil sekali” ujar dr. darmawan. Polio bisa menyebabkan kelumpuhan permanent bahkan kematian yang sampai sekarang agak sulit untuk diobati.

Lalu bagaimana pencegahan Polio?
Mudah saja, Imunisasikan putera puteri anda setidak tidaknya sebanyak 4 kali atau maksimal 12 kali serta segera periksakan feses anda ke laboratorium jika tiba tiba anda mengalami lumpuh layu, karena Polio bisa dimulai dari sini. (dinnaherly)

2 komentar untuk “Lumpuh Layu Awal Dari Polio”

  1. ijin share ya di blognya aku…terima kasih dan maju terus Trijaya FM Palembang

  2. dex

    “harus segera diperiksa fesesnya ke laboratorium untuk mengetahui adakah bibit penyebab polio di dalam tubuhnya.”
    bibit penyebabnya kan virus, apa gunanya diperiksa feses? toh ga nampak juga virusnya,,ngaco ah infonya

Beri komentar