Home » Program » Special Talkshow » Kesehatan Ibu Dari Awal Kehamilan Sampai Masa Nifas

Kesehatan Ibu Dari Awal Kehamilan Sampai Masa Nifas

Wanita memang terlahir istimewa, darinya lahir calon calon penerus bangsa. Menjadi seorang Ibu bukan hanya merupakan tugas dari wanita, namun juga pengorbanan yang harus diberi perhatian. Dikatakan demikian karena tidak sedikit wanita Indonesia yang meninggal pada saat mengandung apalagi melahirkan.

Dinas Kesehatan Propinsi Sumsel, melalui Dr. Elvina M.Kes dalam spesial talkshow di radio Trijaya, selasa 26 Oktober 2010 menerangkan 3 fase rentan yang menyebabkan kematian pada Ibu adalah: Masa kehamilan, Melahirkan dan Masa Nifas.
“kurangnya pengetahuan ibu tentang apa yang boleh dan tidak boleh saat kehamilan, kemudian melahirkan tanpa bantuan petugas medis atau dengan petugas yang tidak kompeten, lalu enggan melakukan pemeriksaan pada masa nifas menjadi penyebab kematian ibu. Sehinnga saat ini Dinkes Propinsi sedang berusaha melakukan penurunan” ujarnya.

Lalu bagaimana pencegahannya? Dengan tegas Dr. elvina menjawab “sering seringlah melakukan tatap muka dengan petugas medis!”

Kunjungi bidan di puskesdes, puskesmas atau pusat layanan lain pada awal kehamilan untuk memeriksakan kandungan. Penting untuk mengetahui 5T di trimester pertama, Timbang berat badan, ukur Tekanan darah, ukur Tinggi fundus uteri, pemberian imunisasi TT, dan pemberian Tablet Fe. Melahirkan dibantu dengan tenaga medis yang berkompeten dan melakukan pemeriksaan kembali setelah melahirkan. ” Jangan malas, minimal 3 kali untuk mengetahui sejak dini adanya infeksi atau gejala lainnya.” ujar Dr. elvina lagi.

Melalui tahapan tahapan ini, diharapkan terjadi penurunan kematian pada ibu disaat mengandung, melahirkan dan masa nifas. (dinnaherly)

Beri komentar