Home » Program » Special Talkshow » Hari Sumpah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.
Hal ini jugalah yang disampaikan oleh ketiga narasumber yakni Drs. H. Abd. Amri Siregar, M. Ag, H. Syairozi SH. M.Hum, & Azwar Arifin dalam spesial Talkshow di Trijaya fm. Azwar Arifin selaku presiden mahasiswa Universitas IAIN Palembang mengatakan bahwa sudah selayaknya Para pemuda Indonesia mengambil alih dan berbuat lebih untuk bangsa menuju ke arah yang lebih baik, senada dengannya Ketua PWNU Sumsel Bpk. Abd. Amri menegaskan bahwa harus ada nilai-nilai tidak hanya intelegensi secara akademik tetapi adanya kecerdasan emosi dan spiritual untuk pemuda, agar dapat mengemban masa depan yang gemilang dan pada akhirnya mereka telah menjadi “Agent of Change”
Bpk. Syairozi sebagai Dosen Tata Negara Universitas Muhammadiyah Palembang menilai moral pemuda bangsa Indonesia sekarang telah diobok-obok oleh negara barat, maka dari itu para pemuda harus mempunyai integritas yg total terhadap bangsa maupun agama, agar pemuda Indonesia mempunyai arah yang jelas baik dalam kehidupan pribadinya maupun untuk orang lain. (Haryz)

Beri komentar