Home » Program » Spirit of Ramadhan » Kesabaran

Kesabaran

PALEMBANG – “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran” (QS. 103 “ 1-3). inilah ayat pembuka bincang bincang spirit of Ramadhan (18/07).

Sore itu hujan, ustad Ali Effendi dari DPU DT seharusnya datang ke studio, namun terhalang oleh alam, sehingga obrolan sore jelang magrib tersebut dimediasi oleh gelombang elektronik. telepon.

Ustad Ali mengisahkan tentang Nabi Muhammad SAW yang bersabar dalam menghadapi cobaan yang menimpa dirinya ketika melakukan syiar agama Islam. “Tapi Ustad, beliau nabi, orang terpilih, tidak mungkin kita sebagai manusia awam dapat menjadi seperti beliau?” tanya saya. Ustad menjawab bahwa kita memang tidak mungkin menjadi sesempurna nabi, namun para nabi dapat kita jadikan tauladan dalam keseharian.

Kesabaran juga bukan berarti loyo atau nrimo. kesbaran erat dengan tawakal. Misalkan kita sering berdoa atas sesuatu namun ternyata doa tersebut belum terkabul juga, kita tetap harus persistence untuk bersabar dan berdoa. Allah-lah yang maha mengetahui tentang isi alam dan tentunya, juga mengetahui pa yang terbaik bagi umatnya. Jika doa yang kita inginkan tidak terkabul, mungki, nanti akan ada hal lain yang dilimpahkan Allah SWT kepada kita, manusia. (vira/spirit of ramadhan)

Beri komentar