Home » Program » Spirit of Ramadhan » Rukun Iman

Rukun Iman


PALEMBANG – Ustad Soleh dalam Spirit OF Ramadhan Selasa lalu (24/08) Membahas mengenai hal yang fundamental dalam Islam. Yaitu rukun iman dan rukun Islam. Rukun iman adalah murni keyakinan. Meyakini Allah, Malaikat, Kitab, Rasul, Kiamat dan Qada&Qodar harus dengan hati yang ‘mengimani’ karena logika manusia tak akan pernah sampai kepada pengetahuan ‘logis’ tentang hal tersebut.

Meyakini kitab dalam Islam, berarti tidak hanya mengakui adanya Alquran, namun juga kita-kitab sebelum Alquran yang diturunkan kepada para nabi. “Namun, kitab yang asli saat ini sudah tidak ada, lagi pula Alquran telah menggenapkan sebagai rahmatan lil alamin,” Ujar Ustad Sholeh yang juga menyatakan bahwa Alquran sesungguhnya tak hanya diperuntukkan bagi umat Islam saja, tetapi juga bagi seluruh manusia di bumi.

Sementara mempercayai Qada dan Qadar, yaitu mengakui adanya garis nasib yang sudah ditentukan oleh Allah. “Ada takdir yang tak bisa berubah, misalnya jenis kelamin, namun ingat rejeki adalah nasib yang dapat berubah,” papar Ustad yang menyampaikan kepada pendengar Trijaya bahwa jangan berpikir bahwa rezeki sudah diatur oleh Allah, karena melalui satu firmanya, bahwa Allah tak akan merubah satu kaum jika kaum itu tak mau merubah nasibnya sendiri.

Mengimani berarti percaya. Percaya berarti adalah rasa nyaman yang timbul dari hati, meski logika tak dapat menjangkau hal-hal yang berkaitan dengan iman tersebut. Bagaimana orang bisa beriman dengan sangat? “Allah biasanya memberi rahmat lewat musibah atau apa saja, untuk membuat manusia lebih berpikir.” (vira/spirit of ramadhan)

Beri komentar