Home » Program » Spirit of Ramadhan » Islam itu Kasih

Islam itu Kasih


Palembang(31/08)- Tak ada agama yang lebih lemah lembut dan penuh cinta kasih selain Islam. Dalam tubuh Islam, dikenal adab memotong hewan. Ucapkan doa dan jangan menggunakan pisau yang tumpul. Lewat contoh kecil ini saja, bagaimana mungkin Islam disandingkan dengan kekerasan?

Paparan di atas disebutkan oleh Ustad novri perwisa,lc dari Lazda DSIM dalam spirit of ramadhan. Ustad tampaknya sangat tidak bersepkat jika Islam dikaitkan dengan kekerasan. “Umar bin Khatab adalah panglima perang yang lembut hatinya, Umar tak tak bisa tidur jika ada umatnya yang belum tidur nyenyak, dan tak akan makan jika ada umatnya yang masih kelaparan, Seorang panglima perang Islam saja begini, bagaimana mungkin Islam adalah agama yang keras?”

Perang yang terjadi dalam kesejarahan Islam mayoritas adalah perang karena reaksi, karena mempertahankan diri dari serangan musuh. Perintah perang dan membunuh orang kafir dalam Al-Quran adalah untuk kafir harbi, yaitu orang kafir yang memusuhi dan memerangi umat Islam, serta berada dalam kondisi perang. Sehingga jika ada pemeluk agama lain yang berada di suatu wilayah, namun mereka tunduk pada peraturan di wilayah tersebut, maka orang tersebut wajib dilindungi.

Bahkan dalam perang, nabi melarang membunuh wanita, orang tua dan anak anak. Hal ini menunjukkan betapa kecintaan dan keadilan terhadap manusia adalah bagian erat dari Islam.

Bagaimana Ustad menanggapi tentang adanya kemarahan yang berlebihan terhadap karikatur Muhammad SAW, Apakah Islam memang agama yang sangat serius? “Bercanda ada tempatnya. Jika orang tua, ibu anda atau bapak anda dihina? apakah anda diam saja? reaksi atas hinaan tersebut tentu menunjukkan kadar cinta yang melekat pada orang tua anda. begitu juga pada nabi,” ujar Ustad.

Tak ada agama yang mengajarkan kekerasan. Klaim terhadap agama janganlah dilihat dari orang orang yang gemar melakukan kekerasan dengan atas nama agama. Lihatlah nabi nabi dan bacalah Alquran, karena Islam sesungguhnya penuh kelemahlembutan. (vira/spirit of ramadhan)

Beri komentar