Home » Program » The Club » Perhimpunan Pencinta Mobil Kuno Indonesia

Perhimpunan Pencinta Mobil Kuno Indonesia

pic taken from ppmki.or.id

Anda punya mobil tua? mobil kuno? jangan biarkan terparkir lama di garasi anda, karena mobil mobil yang mungkin memberikan sejarah dalam hidup anda tersebut bisa anda optimalkan.

Bicara hobi koleksi mobil kuno rasanya kurang pas kalau tidak menilik keberadaan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Wadah bersifat nonkomersial ini lahir dari semangat melestarikan mobil kuno yang punya arti penting buat sejarah dan perkembangan teknologi.

PPMKI resmi berdiri pada 13 November 1979 dengan ketua pertama, Solihin G.P. Setelah terbentuk, beragam kegiatan segera digelar. Aktivitas perdana adalah Joy Tour ke pantai Carita dan Cimelati.

Pada 1980, PPMKI nekat mengadakan reli mobil kuno yang pertama dengan rute Jakarta – Semarang. Kenekatan ini sangat beralasan sebab pengurus waktu itu belum punya pengalaman atas even berkecepatan tinggi ini. Namun berkat peran jago-jago reli seperti Tinton Suprapto, Helmy Sungkar, Doly Sofary dan Doly Indra Nasution, ajang ini berhasil meluncur mulus. Sejak itu, reli mobil kuno menjadi agenda tetap PPMKI. Lingkupnya menjadi kalender even otomotif nasional.

Dihubungi melalu telp, dewan pembina PPMKI Pusat bapak Robby mengungkapkan, sampai dengan saat ini anggota dari PPMI sudah mencapai ratusan tersebar di kota kota besar indonesia dan sudah memiliki kepengurusan sendiri. “Pernah dibentuk di Palembang tahun 1984, cuma karena ‘ga jalan’, lama lama komunitasnya hilang sendiri, ke depan mungkin akan kami bangun kembali” ujarnya.

Bila bergabung, kita bisa mendapat sejumlah keuntungan. Misalnya saja, kemudahan dalam pencarian suku cadang. PPMKI juga akan melakukan rekomendasi teknis untuk mobil kesayangannya. Ketika pengurus mengelar acara, para anggota bisa ikut dengan biaya khusus. Asyiknya lagi, bantuan teknis modifikasi ataupun teknis lainnya tanpa harus keluar ongkos. Keanggotaan dalam PPMKI juga tak terlalu mengikat. Tiap anggotanya bebas untuk bergabung dengan klub otomotif lainnya. Yang penting, semangat kebersamaan harus terus dijunjung.

Ditanya apa tujuan dari komunitas ini, dengan tegas Bpk Robby menjawab ” obsesi kami adalah kemudahan anggota untuk bisa kembali menjalankan mobil kunonya. Banyak anggota yang punya mobil, tapi surat-suratnya hilang. Jadi kasihan kan mobilnya cuma jadi pajangan saja, atau lebih buruk, besinya dipotong, ditimbang dan diloak”

Nah, bagaimana dengan mobil kuno milik anda? kunjungi www.ppmki.or.id (dinnaherly)

Beri komentar