Home » Program » The Club » Kalau Bisa Dasar Apa Saja Bisa dibikin “Komunitas Merajut”

Kalau Bisa Dasar Apa Saja Bisa dibikin “Komunitas Merajut”

Merajut

Palembang – Terdengar identik dengan kaum Hawa, tapi hasilnya juga banyak dipakai kaum Adam, Komunitas pecinta merajut dan merenda di Indonesia saat ini terus bermunculan, seiring dengan meningkatnya popularitas kedua kegiatan ini dan ditunjang dengan semakin mudahnya fasilitas internet. Tapi tahukah teman-teman siapa yang memelopori pembentukan komunitas pecinta merajut dan merenda Indonesia di Internet? Dialah Oty, pendiri milis rajutan@yahoogroups yang berdiri sejak 2003. dan milis lainya di www.merajut.com

Rajutan

Octiani Laraswati terhubung melalui ponselnya di program The Club pagi itu (11/12) ia pertama kali mempelajari merenda tahun 1996, berawal dari rasa penasaran dan kekagumannya melihat karya-karya indah yang berawal dari gulungan benang. “Waktu itu jenis benang masih terbatas seputar benang rami/jala, jadi saya lebih banyak merenda taplak dengan pola-pola dari buku Jepang, membuat tas untuk teman-teman, dan mulai belajar membuat sesuatu tanpa pola.”

Pagi itu ia tengah bersama anak-anaknya Berada di kediaman nya Depok dan ia menuturkan inspirasi sering didapati ketika nongkrong di toko buku Kinokuniya cuma untuk baca buku-buku Ondori. Oty mengikuti berbagai milis yang menawarkan bermacam barang. Ketika itulah muncul ide mengadakan kursus merajut dan merenda.

Octiani Laraswati

“Awalnya cuma iseng, karena ingin mengangkat kembali rajut merajut di kalangan perempuan, dan juga ingin nge-tes kemampuan diri sendiri dalam hal rajut merajut. Eh, ternyata peminatnya banyak juga,” ujarnya. Kursus ia adakan di Pasar Festival, karena ia paham betul daerah itu, dan “Target pesertanya juga pas, para karyawati sekitar SCBD” tambahnya. Kursus diadakan satu minggu sekali, dan untuk mendukung kegiatan kursus ini, dibuatlah juga milisnya.

Kegiatan milis rajutan ini antara lain : kopdar, bekerja sama dengan toko benang untuk mendapatkan diskon khusus, tour toko-toko, ‘menyerbu’ Kinokuniya saat ada diskon, barter buku dan benang.

Tahun 2005 Oty vakum dari dunia rajutan karena mengundurkan diri dari pekerjaannya, melahirkan, kemudian belum sempat mulai aktif lagi, dikaruniai anak kedua. “Makin hilang deh,” candanya. Ketika kemudian ia kembali ke dunia maya sekitar tahun 2007, ia menemukan murid-muridnya sudah ‘eksis banget’ di dunia rajutan. Muncullah niat untuk kembali menekuni dunia ini, membuka kontainer ‘harta karun’ benang, dan mengumpulkan buku-buku pola yang terbungkus rapi di rak buku.

Ketika ditanya tentang proses dan hasil kreasi rajut-merajutnya, dan nikmatnya merajut dan merenda, konsultan IT yang juga ibu 3 anak ini mengatakan ia mendapatkan ide dan inspirasi dari mana saja. Dari awal ia memang tidak begitu suka mengikuti pola, jadi lebih banyak membuat pola sendiri atau memodifikasi sekehendak hati. “Saya suka yang simpel, tidak perlu yang terlalu sophisticated” katanya. “Desainer rajutan, saya nge-fans sama Shirley Paden, ketularan Dydy”, tambahnya lagi.

Dari semua karya yang sudah dihasilkannya, yang paling berkesan untuknya adalah blus pertama yang dibuatnya dengan teknik merajut (knitting). Saat itu ia baru pertama kali belajar teknik ini dan ditantang oleh empunya toko benang. Ia berhasil menjawab tantangan itu dengan merajut blus tersebut hanya dalam waktu 3 minggu saja!

Juni-Juli merupakan pertemuan Komunitas rutin yang mayoritas diikuti Para Ibu-ibu dan remaja perempuan ini. Tercatat sampai saat ini member komunitas sudah di atas 1400 orang tersebar di seluruh indonesia dan pertemanan di negara asing seperti singapura, amerika, inggris dsb.

“Kalau sudah bisa dasar merajut dan merenda, mau bikin karya apa aja pasti bisa tanpa harus mengikuti pola”. Tutup Oty berpesan kepada Rajuters pemula (Rifqi)

7 komentar untuk “Kalau Bisa Dasar Apa Saja Bisa dibikin “Komunitas Merajut””

  1. suri emma

    Salam Kenal, Saya adalah penggemar / hobby merajut. Nach. yang ingin saya tanyakan kalau di kota palembang dimana ya. alamat komunitas merajutnya ?. oiya.. beberapa hari yang lalu saya mendengar dari teman saya ada peragaan di TVRI Palembang, tapi teman saya tidak menonton dia tahu dari suaminya. yang menampilkan hasil dari merenda ini. Tolong ya info alamatnya. Terimakasih.. atas perhatiannya.

  2. Karin

    Halo, sy tertarik juga dengan seputar dunia merajut, kalau ada info mengenai komunitas merajut atau tempat kursus merajut di palembang minta tolong shared. terimakasih

  3. anie

    mohon info untuk di palembang tempat kursus merajut dimana yah?????

  4. misyelina.m

    Saya jg mw nanya..klu tmpt kursus atau komunitas merajut d palembang dmna ya??makasii

  5. rika

    mbak kalo mau ikutan komuniat rajut palembang gimana?dan ada no hp yg bs dihubungin gak untuk bs ikutan kopdar tiap bulanny

  6. fitri

    Mb,tlg info komunitas rajut atw tmpt kursus di Palembang? Terima kasih.

  7. Rama

    Info untuk kursus merajut silahkan coba hubungi Ibu Yanti di telp 0711.7371116 terimakasih.

Beri komentar