Home » Program » Travelling » Tanjung Ringgit, Tempat Wisata di Lombok yang Jarang Terdengar - Trijaya FM Palembang

Tanjung Ringgit, Tempat Wisata di Lombok yang Jarang Terdengar

(sumber:siskanurifah.wordpress.com)

Tanjung Ringgit merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang masih jarang terdengar namanya. Mungkin masih kalah tenar dengan Gunung Rinjani, Gili Trawangan, Gili Air dan lainnya. Meski demikian, lokasi wisata yang berada di ujung tenggara Lombok ini mesti kamu sambangi. Mengapa? Karena lokasinya yang berada cukup jauh dari pusat kota Mataram, itu saja sudah cukup jadi petualangan menantang untuk mencapainya. Belum lagi, tentu saja, pemandangan yang nanti akan kamu nikmati.

Seperti Sedang di Pulau Pribadi

Karena masih jarang terdengar, apalagi dikunjungi, Tanjung Ringgit ini seperti pulau pribadi. Meski berlabel “private”, untuk masuk ke kawasan tersebut masih gratis, kok.Berada di Jerowaru, Lombok Timur, kawasan tersebut harus diakses menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan sewaan. Karena belum ada kendaraan umum yang mencapai lokasi tersebut.

Apa yang Menarik di Pantai Ringgit?

  • Kawasan yang masih sepi

Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, kawasan ini masih sepi sehingga menghadirkan suasana yang berbeda. Kamu bisa menyepi di sini sembari menikmati pemandangan alam yang masih asri. Tambahan lagi kamu bisa mengunjungi tempat wisata lain yang masih dalam satu kawasan, seperti Pantai Pink yang hanya berada 1 Km dari Tanjung Ringgit. Untuk lebih lengkapnya ada di laman Aktivitas & Rekreasi Traveloka berikut ini.

  • Perairan yang masih sangat jernih

Perairan kawasan wisata ini masih sangat jernih. Apalagi kalau kamu melihatnya ketika sedang terik matahari, pancaran cahayanya bakal sangat memukau! Di balik air tersebut, kamu bakal bisa lihat terumbu karang. Pemandangan tersebut bisa kamu nikmati dari atas tebing.

(sumber:siskanurifah.wordpress.com)

  • Adrenalin bakal terpacu

Untuk mencapai kawasan pantai, kamu bakal ditantang untuk membuktikan keberanian. Ini karena jalanan untuk mencapai lokasi pantai cukup terjal. Bagi kamu yang berjiwa petualang, tentu saja, trek ini bakal memacu adrenalin dan menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan.

  • Menghadirkan beberapa “kejutan”

Kejutan apa? Salah satunya adalah sumur yang berada di pinggir pantai yang airnya bisa kamu minum. Lho, kok, bisa? Itulah keunikannya. Meski berada di pinggir pantai, sumur tersebut ternyata memiliki air tawar. Untuk bisa mencapai lokasi sumur, kamu bisa menuju bawah tebing dan harus cukup hati-hati ya karena medannya masih terjal.

Selain sumur, terdapat “gua besar” yang berada di bagian timur yang mana gua tersebut memiliki kolam air tawar juga. Namun, lokasinya cukup gelap dan dalam, jadi pertimbangkan baik-baik bila ingin memasuki lokasi tersebut. Atau, kamu bisa ajak tour-guide dari masyarakat setempat yang tentu saja lebih tahu medan kawasan tersebut.

  • Sunsrise yang begitu indah di Pantai Ringgit

Nah! Ini yang paling dicari-cari, sunrise atau matahari terbit di kawasan pantai ini begitu memukau. Kamu bakal mendapatkan momen matahari terbit yang cantik di sana.

Agar tidak melewatkan sunrise, ada baiknya untuk menginap di sekitar mercusuar yang ada di kawasan Tanjung Ringgit. Tepatnya berada di area utara. Ini karena penginapan paling dekat ke pantai masih cukup jauh. Butuh waktu sejam untuk mencapai area tanjung tersebut. Malamnya, kamu bisa menikmati api unggun sembari menikmati deburan ombak.

Tips Berkunjung ke Tanjung Ringgit

Bagi kamu yang berencana berkunjung ke sana, berikut beberapa tips yang harus kamu ingat: Bawa bekal sendiri, termasuk air minum. Kemudian, gunakan kendaraan pribadi karena nggak tersedia angkutan umum. Jangan sungkan bertanya pada penduduk lokal selama perjalanan. Ingat, GPS dari Google belum bisa  diandalkan di sana. (FK)

Happy exploring!

 

Beri komentar