Home » Program » Tuesday Dialogue » BRIGHT EYES: THE LUMINOUS COLORS OF ISMAIL SALEH

BRIGHT EYES: THE LUMINOUS COLORS OF ISMAIL SALEH

Pelukis -apapun latar belakangnya- sejatinya adalah seorang pecinta keindahan.  Mata batinnya sangat peka terhadap perubahan dan fenomena alam sekitar.  Intuisinya tajam dan kontemplasi yang melekat dalam pikiran dan jiwanya memudahkannya dalam merekam semua itu ke alam pikirannya. Karena itu, emosi yang di tampilkan ke media lukisan menjadi begitu ekspresif dan tentu saja dibarengi dengan kemampuan teknis dasarnya pada bidang kanvas, warna warni serta goresan-goresan kuasnya.

Lukisan-lukisan alam karya Ismail Saleh menjadi salah satu contoh dari kemampuan seorang pelukis dalam memotret lingkungan sekitarnya.  Apa yang menjadi kesaksian seorang Ismail saleh terhadap alam sekitarnya tidak berlebihan jika dikatakan bahwa dia memiliki mata yang bercahaya, mata batin seorang seniman dalam menangkap fenomena alam.

Dia memilih objek-objek keseharian yang sering dijumpainya, dan keindahan alam kota kelahirannya Pagar alam yang terletak di kaki Gunung Dempo terekam erat di dalam alam bawah sadarnya  menjadi inspirasi lukisan-lukisannya yang akan dipamerkan di Hotel The Jayakarta Daira tanggal 17-22 April 2011.

Pameran tunggal yang diselenggarakan oleh Tavern Artwork ini memilih judul “Bright Eyes: The Luminous Colors of Ismail Saleh karena harmonisasi lukisan yang memancarkan cahaya tersebut mengingatkan pada harmonisasi dalam lagu terkenal dari Art Garfunkel, Bright Eyes.

Dan diharapkan pameran lukis ini bisa menjadi pertanda kesiapan Sumatera Selatan menuju Sea Games ke XXVI mendatang.

Beri komentar