Home » Program » Zona Indo » Lagu Religi lebih dicari

Lagu Religi lebih dicari

Memasuki bulan Ramadhan 1429 H, hampir semua umat Islam melakukan banyak persiapan, mulai dari makanan, pakaian serta bekal peribadatan. Banyak hal juga yang mulai dilakukan oleh para pelayan masyarakat untuk melengkapi kebutuhan dan makan dari bulan suci ini. Termasuk para musisi.

Khas Ramadhan, sesuatu yang hanya marak saat Ramadhan tiba, misalnya Baju Koko, timun suri, dan album album religi. Apa yang akan disodorkan oleh para musisi pada Ramadhan kali ini?? Dan kenapa harus Album Religi? Dalam Zona Indo edisi 29 Agustus yang lalu, ditemukanlah jawabannya.

Album-album religi selalu laris manis, tak kalah dengan hidangan pembuka puasa yang diserbu orang menjelang Maghrib datang

Sebut saja Opick sebagai contohnya, Penyanyi Religi yag hanya muncul satu tahun sekali ini mempunyai tempat khusus di hati pendengarnya di bulan Puasa.Ia pun banyak menerima order manggung, baik on air maupun off air. Boleh jadi, kenyataan ini tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. Maklum, sempat terjun di dunia musik rock, nama Opcik nyaris tak terdengar di blantika musik Indonesia.Untuk tahun ini, Opick mencoba menampilkan sesuatu yang baru lewat album Cahaya Hati, yang baru saja diluncurkan dua pekan silam.

Bukan cuma Opick,Grup Band Ungu mengaku, hampir setiap Ramadhan mereka selalu menyiapkan album bernuansa religi, termasuk Ramadhan 1429 H kali ini. Di album Aku Dan Tuhanku dengan single hits Nafasmu yang mulai dipasarkan pertengahan Agustus ini, mereka mencoba memberikan gambaran tentang pencarian seorang anak manusia terhadap agamanya.

Sementara band asal Sukabumi Vagetos, juga menyiapkan album religi terbaru dengan judul Kuatkan Aku yang akan dirilis pekan ini. Bedanya dengan album reliji lainnya, album ini juga disertai buku tentang pengalaman rohani dari masing-masing personel Vagetoz yang ditulis oleh Kunto Wibisono.

Penyanyi pendatang baru yang kini tengah naik daun, Afgansyah Reza alias Afgan pun ingin mencicipi lezatnya kesuksesan album reliji. Penyanyi yang bernaung di bawah label indie, Wanna Be Productions itu menjelang Ramadhan ini merilis album Padamu Ku Bersujud.

Pengamat musik Bens Leo mengungkapkan, maraknya album-album relegius di bulan Ramadhan sebenarnya sudah di prediksi lama oleh para produser musik, mengingat mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.

Bens mencatat, pada 2005 Gigi lewat album Perdamaian bikin gebrakan karena angka penjualannya lebih tinggi dari album regulernya. Begitu juga dengan Ungu, album religiusnya justru lebih laku ketimbang album regulernya.

Barangkali ini wajar karena pangsa pasar untuk musik religius sangat besar mengingat kebanyakan penduduk Indonesia Muslim. (dinnaherly)

Beri komentar