Home » Program » Zona Indo » Ketika Kemampuan Berolah Vokal Menjadi Tolak Ukur Dalam Kualitas Bernyanyi

Ketika Kemampuan Berolah Vokal Menjadi Tolak Ukur Dalam Kualitas Bernyanyi

Punya bakat di bidang tarik suara, kemana harus mengembangkan bakatnya? Setidaknya itulah pertanyaan pertama yang langsung diberondong kepada Irawan (Pelatih Vokal Poerwatjaraka) di Zona Indo (20/01). Diwwancarai melalui sambungan telfon dia menjelaskan bahwa Jika bakat terlihat hendaknya melakukan latihan vokal dan cari guru vokal yang dapat melatih dan mengasdah kemampuan olah vokal, karena bakat yang diberikan oleh Tuhan haruslah dikembangkan dengan baik.

Banyak anak-anak sekarang yang mempunyai bakat di bidang menyanyi mencari pelatih yang akan melatih vokalnya, namun tak jarang anak yang sekalipun tak punya bakat di bidang menyanyi, ia ingin melatih vokalnya. Ada tingkat kesulitan yang cukup berarti jika melatih anak yang belum terasah bakatnya, tapi itu semua bisa teratasi jika sin anak mencoba terus untuk latihan, berani mengeksplor vokalnya dan bereksperimen

Ada berbagai teknik yang harus diperhatikan dalam berolah vokal, salah satunya teknik pernafasan dengan mengambil nafas/suara dari bahu atau perut, dan hal tersebut adalah teknik yang tersulit.

Disinggung bagaimana jika orang yang mempunyai vokal yang pas-pasan tapi dari segi “tampang” menjual begitu juga sebaliknya, Mas Irawan menjawab “itu sah-sah saja, sebab ada dua hal yakni penyanyi dengan materi suara yang bagus tapi tidak komersial, sebaliknya penampilan komersial tapi pasa-pasan dalam bernyanyi. Tapi kembali lagi ke seleksi alam, yang mana penyanyi yang dengan mempunyai vokalitas yang baik akan bertahan lama dari pada yang hanya mengandalkan komersialitas semata,” tutupnya. (Haryz)

Beri komentar