Home » Serba-serbi » Kenapa Harus ASUS Zenfone 3 ?

Kenapa Harus ASUS Zenfone 3 ?

asus-z3n2Sebuah tonggak sejarah telah diciptakan ASUS tahun lalu dengan menghadirkan ASUS Zenfone 2 ke pasaran Indonesia. Langkah tersebut ternyata disambut baik sekali oleh masyarakat Indonesia yang gemar dengan perangkat smartphone yang memiliki spesifikasi gahar dan harganya dibandrol miring.

Sebagai salah satu game changer di market dan bahkan sampai saat ini masih mampu bersaing dengan flagship yang ada, kepuasan yang didapat oleh pengguna Zenfone sangatlah tinggi. Namun ASUS sebagai salah satu produsen smartphone global tidak mau terjebak dalam euphoria kesuksesan ASUS Zenfone 2.

Untuk itu kini ASUS melahirkan penerus ASUS Zenfone 2 dengan berbagai perbaikan disana sini yang juga didasari oleh berbagai feedback yang didapat dari pengguna Zenfone. Salah satu seri penerus yang akan kita bahas adalah ASUS Zenfone 3 ZE520KL smartphone yang rilis di tahun ini. Kira-kira ada hal menarik apa ya di smartphone ini? asus-z3n3

Tampil Indah dengan balutan yang sempurna

Kalau Anda saat ini merasa bosan dengan desain Zenfone yang begitu-begitu saja, kali ini seharusnya Anda bisa bergembira. Alasannya, kini Zenfone 3 mengalami perubahan desain yang sangat banyak. Benar-benar beda dari Zenfone sebelumnya. Form factornya kotak datar dibalut dengan metal frame. Kesan mewahnya dapat banget karena perpaduan bahan-bahan yang ada berpadu dengan sempurna dan kokoh.

Layar Luas untuk Multimedia

asus-z3n1Di masa seperti ini, kita sangat banyak menghabiskan waktu kita dengan smartphone bukan? Penulis juga demikian. Saat ini penulis lebih banyak melakukan aktivitas online dan chatting dari smartphone. Alasannya, smartphone lebih portable dan lebih mudah diakses, dan kebutuhan bandwidth juga tidak perlu terlalu besar. Malah, aplikasi yang terpasang di smartphone sudah lebih banyak dibanding aplikasi yang penulis pasang di komputer.

Selain itu juga sekarang streaming kebanyakan dilakukan di smartphone. Data statistik menunjukkan, jumlah pengguna YouTube mobile sudah mencapai 40% dibanding jumlah keseluruhan pengguna YouTube pada tahun 2013. Kenaikan yang signifikan ini mengakibatkan tahun ini, pengguna YouTube dari perangkat mobile juga kemungkinan sudah melewati 50%.

Kondisi ini dimanfaatkan ASUS untuk menghadirkan layar smartphone berkualitas di ASUS Zenfone 3 ZE520KL. Kualitas tersebut ditunjukkan dengan menggunakan layar berkualitas IPS + sehingga layar akan lebih terang dari biasanya dan tentu saja lebih hemat daya.

Kamera “Build for Photography”

Sektor kamera adalah salah satu fokus yang digarap oleh ASUS. Ini dikarenakan ASUS tidak bermain-main dalam menyematkan kamera. Untuk ZenFone 3, kamera yang digunakan sudah memiliki resolusi 16MP untuk kamera utama dan 8MP untuk kamera depan. Untuk sensornya sendiri, ASUS menyematkan sensor Sony Exmor RS™ IMX298.

Kehebatan kamera ini salah satunya karena ASUS Zenfone 3 sudah menggunakan aperture 2.0 sehingga cahaya yang dihasilkan oleh kamera cukup terang. Selain itu, perpaduan dengan software ASUS PixelMaster 3.0 yang memiliki segudang fitur juga mampu memanjakan para penggemar fotografi. Mari kita bahas detail mengenai ASUS PixelMaster 3.0.

Sedikit bocoran nih, ternyata ASUS Zenfone 3 adalah ponsel termurah di kelasnya yang mampu menghasilkan rekaman video berkualitas 4K. Artinya, ini bagus sekali bagi Anda yang ingin membuat video pendek.

Spesifikasi ultimate untuk multitasking

Kalau kita berbicara spesifikasi, penulis sudah tidak ragu lagi dengan spesifikasi yang diusung. Sebagai pengguna android, pasti kita akan selalu memperhatikan RAM dari perangkat yang mau kita beli. Alasannya, RAM sangat bermanfaat untuk multitasking di perangkat Android. Contohnya saja, penulis bisa melakukan banyak aktivitas di perangkat ASUS Zenfone 3. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, Line, Google Duo (video call), foto, browsing dan Google Keep (Note).

Kalau dilihat dari kebiasaan penulis, semakin mulus sebuah perangkat, maka semakin banyak aplikasi yang akan kita install dan akan kita pakai secara bersamaan. Buktinya penulis bisa pakai banyak aplikasi bersamaan di ZenFone 3.

Selain aplikasi-aplikasi itu mungkin Anda juga gemar melakukan kostumisasi secara menyeluruh bahkan sampai mengganti launcher. Nah pentingnya RAM juga adalah untuk mendukung kostumisasi yang akan dilakukan. Semakin banyak yang diubah, maka semakin berat prosesnya dimana itu artinya kita butuh banyak RAM untuk menjalankan semua itu.

Antarmuka ASUS ZenUI

Di dalam setiap produk smartphone ASUS, kita akan melihat UI yang berbeda dari yang lainnya. UI ini dikenal sebagai ZenUI. Di ZenUI kali ini berbeda dengan yang lainnya karena sudah melakukan update ke versi ZenUI 3.0.

Overall

Berikut ini spesifikasi teknis ASUS ZenFone 3 ZE520KL:

 

Model ASUS ZenFone3ZE520KL
CPU Qualcomm Snapdragon 625octa core 64-bit 2GHz
GPU Adreno 506 650MHz
RAM 4GB / 3GB RAM
Storage 32GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD Yes (up to 64GB)
Connectivity WIFI 802.11ac, MiMO Wi-Fi,Bluetooth 4.2, USB Type-C, Fingerprint sensor
Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100, LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 5(850), 8(900), 26(850), 28(700), 39(1900), 40(2300), Speed          HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
SIM Card Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot
Navigation GPS, AGPS, GLONASS, Beidou
Display 5.2” FHD 1920 x 1080, Super IPS+ display with 178’ wide view angle,  Corning Gorilla Glass 3 display
Video Video Recording MPEG-4 1080 @30fps, Playback MPEG-4 up to 1080p
Battery 3.000 mAh / 2600 mAh non removable
Main Camera 16MPSony Exmor RS™ IMX298, f/2.0, Laser/Phase Detection Autofocus, OIS (4-axis), dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Front Camera 8MP, f/2.0, 1080p
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS Android M with next-gen ZenUI 3.0
Dimension 146.9 x 74 x 7.7mm / 152.6 x 77.4 x 7.7mm
Weight 144g
Warna Sapphire Black, Moonlight White, Shimmer Gold

Kesimpulan :  smartphone ini merupakan smartphone kelas menegah yang mampu memberikan kesan premium. Selain itu dengan spesifikasi kamera yang gahar mampu memberikan pengalaman fotografi yang sejatinya kita bisa dapatkan di smartphone kelas atas.

Smartphone ini sudah mendekati kata sempurna untuk ukuran sebuah smartphone di kelas menegah. Jika budget kita tak banyak namun ingin memiliki smartphone premium,ASUS ZenFone 3 ZE520KL merupakan pilihan yang sangat direkomendasikan.

(Rilis/Julian)

Beri komentar