Home » Serba-serbi » Keluarga Pilar Utama Kemajuan Negara

Keluarga Pilar Utama Kemajuan Negara

LAMPUNG – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel Hj Eliza Alex Noerdin menghadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV tahun 2017 di Lapangan PKOR Way Halim Bandar Lampung Provinsi Lampung, Sabtu (15/7).
Kegiatan ini dihadiri langsung Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani, Kepala BKKBN RI Surya Chandra Surapaty, Gubernur Provinsi Lampung M. Ridho Ficardo, Ketua Tim PKK Pusat dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dan Tim Penggerak PKK se- Indonesia.
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani mengatakan peringatan Harganas ini sebagai wadah untuk mengingatkan kembali arti pentingnya keluarga.
“Sekarang ini pembangunan bukan hanya di infrastruktur saja atau pembangunan yang dilakukan di fisik saja. Namun bagaimana juga kita membangun sumber daya manusia Indonesia untuk ikut bisa berkompetisi bukan hanya di internal di Indonesia, namun bagaimana berkompetisi di dunia Internasional,”tuturnya.
Menurut Puan, yang menjadi salah satu pilar dalam pembangunan manusia adalah keluarga. Yang dimulai dari keluarga, ibu dan anaknya serta bagaimana menjaga keluarga itu tetap berpikir positif di lingkungan dan mempengaruhi lingkungan serta bermanfaat bagi orang banyak.
Lanjut dia, pembangunan semuanya untuk meningkatkan kualitas keluarga agar dapat timbul rasa aman, tentram dengan harapan masa depan yang lebih baik dalam mewujudkan rasa lahir dan batin.
Kemudian keluarga yang berkepahaman dan kesejahteraan adalah keluarga yang memiliki ketangguhan dan kemampuan sosial, ekonomi dan budaya sehinggga kehidupan keluarga dapat hidup mandiri, sejahtera dan bahagia.
Pada kesempatan ini, Puan juga mengajak pengurus BKKBN, Tim Penggerak PKK, Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia untuk menerapkan kembali perilaku hidup sehat 4 sehat 5 sempurna di pelayanan-pelayanan kesehatan baik di posyandu, KB dan di sekolah-sekolah untuk mengingatkan pentingnya prilaku hidup sehat. “Bahwa Anak-anak ini adalah masa depan dari bangsa kita kedepan,”tuturnya.
Disamping itu, dia berharap pada peringatan Harganas ini bukan sekedar hanya seremonial yang harus dilakukan setiap tahun. Tapi memang mempunyai efek yang meningkat setiap tahunnya dalam arah positif sehingga dalam melakukan pertemuan seperti ini merasakan manfaatnya.
Sementara itu, Kepala BKKBN RI Surya Chandra Surapaty melaporkan kegiatan Harganas ini dengan mengusung tema “Hari keluarga nasional kita bangun karakter bangsa melalui keluarga yang berketahanan dan pesan inti adalah keluarga berketahanan dan indonesia sejahtera”.
“Diharapkan menjadi pemicu bagi keluarga Indonesia untuk meningkatkan ketahanan keluarga sehingga melahirkan generasi yang berkualitas,”terang Dia.
Sementara, sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel Hj Eliza Alex Noerdin telah banyak melakukan penyuluhan-penyuluhan di seluruh daerah Kabupaten/Kota se-Sumsel dalam rangka membentuk keluarga sejahtera, cerdas dan berkualitas.
Melalui keluarga yang sejahtera ini nantinya akan dapat melahirkan generasi-gnerasi yang berkualitas dan cerdas. Bahkan dirinya juga pernah mendapatkan penghargaan Gerakan Masyarakat Gemar Ikan (Gemarikan) beberapa waktu yang lalu.
Menurutnya, bahwa anak yang dari kecil terbiasa makan ikan akan tumbuh cerdas. “Kita harus terus  Gemarikan kepada anak-anak karena didalam ikan banyak kandungan gizi yang baik bagi perkembangan otak anak-anak, seperti protein dan omega 3,”katanya.
Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Hj Eliza Alex mengucapkan selamat kepada Kota Pagaralam mendapatkan penghargaan Pakarti Madya 1 Lomba Posyandu dan kabupaten/kota lainnya. Diharapkan dengan mendapatkan penghargaan tersebut dapat meningkatkan motivasi kedepannya. (HUMAS).

Beri komentar